Senin 14 Apr 2014 16:04 WIB

10 Masalah Sepatu dan Cara Mengatasinya (1)

.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Pernahkah Anda mengalami masalah ini, ketika mencoba sepatu di toko rasanya nyaman. Tapi, setelah membelinya dan menggunakannya selama beberapa waktu masalah ketidaknyamanan timbul.

''Ukuran, bahkan di sepatu sangat mahal sekalipun tidak mengakomodasi panjang dan lebar kaki secara individual,'' kata Linda O'Keefe, pengarang buku 'Shoes: A Celebration of Pumps, Sandals, Slippers and More'.

Berikur beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperbaiki 10 hal masalah yang paling sering terjadi dengan sepatu Anda, seperti dikutip dari Womansday :

1. Tali yang terlalu ketat

Sementara banyak tali kulit memulur seiring penggunaan, Anda bisa mempercepat prosesnya dengan bantuan air. H2O bisa secara lembut memulurkan tali dan membentuknya sesuai ukuran kaki.

Meghan Cleary, pengarang buku 'Shoe Are You?', menyarankan sebelum menggunakan sepatu untuk pertama kali, semprotkan dengan sedikit air. Lalu kenakan hingga air mengering.

2. Melepuh

Kondisi ini biasanya terjadi di bagian bawah kaki akibat gesekan antara sol kaki dan sepatu. Untuk menghindari kulit yang terluka hingga melepuh, alasi sepatu dengan busa moleskine hingga menciptakan bantalan.

Bantalan tersebut akan menyerap kemungkinan friksi dengan lapisan katun di atas busa. Cleary menyarankan, selalu menggunakan busa seperti ini ketika menggunakan sepatu untuk pertama kalinya.

3. Sakit di beberapa titik

Sepatu bisa menyebabkan rasa sakit di sejumlah titik kaki. Ini biasanya karena sepatu yang dikenakan tidak memberi sokongan yang cukup di bagian tengah kaki. Kenakan sepatu dari merk ternama untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan.

Atau, pilih model wedges ketimbang hak yang kecil. Wedges akan mendistribusikan berat badan secara merata ke seluruh sepatu. Jika kenakan sepatu berhak, pilih yang tak terlalu tinggi.

4. Kaki berkeringat

Sepatu yang terlalu kecil bisa memanaskan jempol kaki dan menyebabkan kaki luka. Untuk mendapat ukuran yang benar, pastikan selalu membeli sepatu di penghujung hari ketika kaki dalam keadaan bengkak dan capai.

Bahkan, jika sepatu ukurannya tepat, materi sepatu bisa berubah akibat temperatur. Kenakan sepatu kulit dan karet saat hawa sedang dingin. Sebaliknya, gunakan sepatu kanvas dan kulit alami saat cuaca sedang panas. Bila memakai kaus kaki, pilih yang bahannya katun dengan tujuan menyerap keringat.

Trik lainnya adalah dengan menaburkan sedikit bedak bayi sebelum mengenakannya. Tujuannya, agar ada kelembaban ekstra di kaki.

5. Luka di bagian belakang hak

Sepatu yang menggesek kulit kadang akan menjadi sangat menyakitkan. Ketika Anda mengira problemnya adalah sepatu yang terlalu sempit, justru yang terjadi adalah sepatu yang terlalu besar. Sepatu yang kebesaran menimbulkan ruang hingga menjadi penyebab terbesar munculnya luka di bagian belakang kaki.

Gunakan tensoplas di bagian belakang kaki atau lekatkan heel pads di bagian belakang sepatu. Bantalan akan menghentikan gesekan dan melindungi kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement