Senin 14 Apr 2014 15:26 WIB

Aplikasi yang Memudahkan Orang Tua (1)

Aplikasi Sleepasaurus
Foto: dok sleepasaurusapp
Aplikasi Sleepasaurus

REPUBLIKA.CO.ID, Orang tua mengenakan banyak topi ketika berurusan dengan anaknya. Mulai dari menjadi penjaga waktu, pemberi uang, dan polisi perilaku anak.

Tak heran kalau sejumlah orang tua membutuhkan bantuan ketika mengurus anaknya. Salah satu bantuan itu adalah melalui aplikasi yang bisa diunduh ke tablet atau telepon cerdas.

Aplikasi bisa membantu orang tua, seperti mengajarkan anak tidur, pergi ke belakang, sampai menyampaikan cerita sebelum tidur. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan orang tua, seperti dikutip dari USA Today :

1. Sleepasaurus

(Wee Taps, cocok untuk anak 2-6 tahun, harga 1,99 dolar AS, bisa untuk iPhone, iPod Touch, iPad)

Apakah balita Anda sering terbangun sebelum matahari terbit? Sleepsaurus mungkin bisa membantu orang tua. Anak-anak bisa memilih satu dari tujuh bayi dinosaurus, lalu menaburkan bubuk ajaib di atas dinosaurus sebelum mereka tidur. Ketika dinosaurus sudah tidur, ia tidak bisa dibangun sampai waktu yang sudah diatur orang tua.

Idenya adalah dinosaurus menjadi teman tidur anak. Jika anak terbangun terlalu pagi, aplikasi akan melatih anak untuk kembali tidur sampai waktu dinosaurus bangun dan dinosaurus itu akan berbunyi ketika disentuh.

Orang tua juga punya opsi mengatur aplikasi untuk memainkan lagu-lagu sebelum tidur, termasuk musik untuk membangunkan anak. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai lampu malam jika dicolokkan.

2. The Adventures of Ash & Ollie: ScreenTime

(Fingerprint, cocok untuk anak 3-6 tahun, harga 2,99 dolar AS, bisa untuk iPhone, iPod Touch, iPad, dan Android)

Dua bersaudara, Ash dan Ollie, senang bermain dengan tablet dan video gim. Tetapi orang tua mereka mengajarkan pentingnya membatasi waktu di depan layar dengan bentuk permainan lain. Dengan mengajak anak membaca cerita bagaimana keluarga lain menegakkan masa waktu di depan layar, harapannya anak-anak akan lebih mudah menerima aturan orang tua tentang hal yang sama.

3. Tico Timer

(Ricardo Fonseca, cocok untuk anak 3-8 tahun, harga 0,99 dolar AS, bisa untuk iPhone, iPod Touch, iPad)

Untuk anak yang belum mengetahui waktu, aplikasi ini menceritakan perjalanan waktu dalam bentuk visual. Aplikasi ini memiliki 11 visual yang berbeda, mulai dari lingkaran berwarna yang perlahan menghilang ke layar. Hingga lingkaran yang pelan-pelan mengecil.

Orang tua bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengajarkan anak kalau mereka, misalnya, punya 10 menit lagi sebelum tidur. Atau punya dua hingga tiga menit lagi sebelum menggosok gigi. Timer yang mudah diatur waktunya di layar juga didampingi dengan tujuh trek musik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement