Kamis 10 Apr 2014 18:32 WIB

KPU Lampung: Pileg-Pilgub Lancar Dukungan Semua Pihak

Rep: mursalin yasland/ Red: Muhammad Hafil
Pemilu 2014
Foto: republika.co.id
Pemilu 2014

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung, Nanang Trenggono, mengatakan lancar dan aman pelaksanaan pemilihan anggota legislatif (pileg) serempak pemilihan gubernur (pilgub) di Lampung, berkat persiapan yang matang, dan dukungan semua pihak.

 “Sampai penghitungan suara di TPS dan PPS, pelaksanaan pileg-pilgub boleh dibilang lancar dan aman. Ini berkat dukungan semua pihak dan persiapan yang matang,” kata Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono kepada Republika di Bandar Lampung, Kamis (10/4), menanggapi kelancaran pemilu serentak untuk pertama kalinya di Indonesia. 

Menurut dia, sebenarnya persiapan pilgub Lampung dipercepat sudah dilakukan awal tahun 2013, namun karena ketiadaan anggaran dari Pemprov Lampung, pelaksanaan pilgub tertunda sampai tiga kali. “Artinya, persiapan sudah matang sudah setahun yang lalu, sampai verifikasi bakal calon gubernur/wakil gubernur,” ujarnya.

Ia mengatakan karena pemprov Lampung baru bisa menganggarkan pada tahun 2014, maka proses tahapan pilgub dimundurkan bersamaan dengan pileg 9 April 2014. “Semua mendukung baik gubernur, pemprov, kapolda, danrem, dan stakes holders lainnya,” ungkapnya.

Ia mengakui sebenarnya waktu pelaksanaan tahapan mulai dari pemeriksaan kesehatan calon hingga penetapan waktunya sangat sempit, pada Februari 2014, sedangkan hari pemungutan suara 9 April 2014. “Karena persiapannya sudah matang, jadi ketika anggaran ada tahapan pilgub dapat dilaksanakan segera,” ujarnya.

Menurut dia, pelaksanaan pileg-pilgub secara serempak di Lampung, memang masih panjang prosesnya hingga akhir April in, untuk mengatakan sukses. Namun, hingga batas pencoblosan, penghitungan suara di TPS dan PPS, pileg-pilgub berjalan lancar dan aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement