Kamis 10 Apr 2014 18:28 WIB

Ini Tips Untuk Caleg yang Kalah Agar Tak Gila

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Muhammad Hafil
Depresi
Foto: .
Depresi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ada beberapa tips untuk calon legislatif (caleg) yang kalah pemilihan umum (pemilu) legislatif 2014 agar tidak stres atau menderita gangguan jiwa.

Perawat Paviliun Puri Anggrek Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Dian Purwoko mengatakan, caleg yang mengalami gangguan jiwa atau gila disebabkan karena terlalu optimistis menang pemilu legislatif (pileg) dan mengeluarkan banyak uang saat kampanye.

“Tetapi faktanya, dia kalah saat pileg dan akhirnya menderita gangguan jiwa,” katanya kepada Republika di kantornya, Kamis (10/4).

Untuk mengantisipasi agar hal itu tidak terjadi dan caleg-caleg  berakhir dirawat di RSJ, Dian menyebutkan ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tips pertama yaitu mendekatkan diri kepada Tuhan. Ini penting dilakukan sejak awal sehingga menjadi benteng. Tips kedua, berjiwa besar menghadapi kekalahan. 

“Karena pileg ibarat kompetisi dimana ada caleg yang menang dan ada caleg yang kalah,” katanya. 

Tips ketiga, menyiapkan mental siap menang dan siap kalah. Sehingga Jika memang kalah, jangan terlalu kecewa. “Intinya bersyukur menerima semua hasil pemilu,” katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement