Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Mengarung di Jeram Legendaris

Kamis 10 Apr 2014 14:30 WIB

Rep: cr02/ Red: Hazliansyah

Jeram Citarum

Jeram Citarum

Foto: Republika/cr02

REPUBLIKA.CO.ID, -- Jeram Citarum merupakan jeram legendaris dikalangan pecinta alam. Di sungai inilah olahraga arung jeram mulai diperkenalkan di Indonesia. 

Jalur jeram Citarum ini sebelumnya pernah ditutup karena telah memakan banyak korban, sehingga disebut terlalu bahaya. Hal tersebut terjadi sebelum sungai Citarum dibendung untuk proyek PLTA Saguling.

Namun setelah bendungan saguling dibuat, jalur pengarungan Citarum jauh lebih aman, karena debit air dapat dikontrol oleh PLTA Saguling, bahkan saat musim hujan sekalipun. 

Kini para penggiat arung jeram dapat mengarung lebih aman di jeram legendaris tersebut. Selain menikmati jeram, kita akan disuguhi oleh pemandangan alam yang tak kalah indah. Sesekali kita akan berpapasan dengan perahu warga yang sedang menggali pasir di tepi sungai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jeram citarum ini terletak di waduk Saguling, tepatnya didaerah Raja Mandala, Padalarang, Bandung Barat. Kita akan mengarung sejauh 15 km dan memakan waktu kurang lebih selama dua jam. Disela-sela pengarungan yang menantang, kita dapat menikmati kelapa muda yang dijual oleh warga di pinggir sungai sebagai pelepas dahaga. 

Pengarungan di jeram Citarum ini terbilang cukup murah dibandingkan arung jeram lainnya. Kita tak perlu khawatir karena penyedia jasa arung jeram menyediakan paket arung jeram lengkap dengan menu makan siang yang dijamin akan memuaskasn perut selesai bermain arung jeram.

Salah satu skiper arung jeram yang sering di panggil kang Arwah mengatakan bahwa mereka ingin mengajak para masyarakat untuk menggemari olah raga arung jeram tersebut.

"Arung jeram merupakan kegiatan yang menantang dan mengasikan, kami ingin semua masyarakat menyukainya," ujar kang Arwah. 

Kang Arwah berharap olahraga arung jeram ini akan semakin banyak yang meminatinya dan ada keikutsertaan pemerintah untuk mengelola wisata arung jeram dengan baik serta semakin banyak atlet arung jeram yang berkiprah di level nasional maupun internasional. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA