Sabtu 26 Apr 2014 13:00 WIB

Pelatih Lima Timnas Berbeda

Rep: Arif Supriyono/ Red: Didi Purwadi
Bora Milutinovic
Foto: EPA
Bora Milutinovic

REPUBLIKA.CO.ID, BELGRADE -- Pelatih sepak bola Bora Milutinovic memiliki kelebihan yang bisa jadi akan sulit disamai oleh yang lain. Pria kelahiran Serbia (dulu termasuk wilayah Yugoslavia), 7 September 1944 itu pernah membawa lima kesebelasan berbeda di arena Piala Dunia.

Pada 1986, Bora mengarsiteki Meksiko yang saat itu menjadi tuan rumah. Empat tahun kemudian, dia ikut meloloskan tim nasional Kosta Rika di Piala Dunia 1990. Saat Amerika Serikat menjadi tuan rumah, dia juga menjadi pelatih di kesebelasan negeri Paman Sam itu.

Petualangannya di Piala Dunia berlanjut. Empat tahun berselang, Bora membawa tim Nigeria untuk berkompetisi di Piala Dunia. Kesebelasan terakhir yang diasuhnya untuk berlaga di  Piala Dunia adalah Cina. Negeri Tirai Bambu itu lolos ke putaran final Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang.

Adapun prestasi terbaik Bora adalah membawa Meksiko ke perempat final. Selebihnya, tim-tim yang dibawanya hanya lolos putaran kedua atau bahkan gagal sama sekali di babak penyisihan.

Sebagai pemain, Bora memang tak banyak didengar. Klub besar yang pernah diperkuatnya adalah Partisan Belgrade (Yugoslavia) dan AS Monaco (Prancis). Selebihnya, dia banyak berkutat di klub-klub tak ternama.

Ada dua negara lain yang tim kesebelasannya pernah dia pegang, yakni Honduras dan Jamaika. Namun, dua tim itu tak lolos Piala Dunia.

sumber : FIFA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement