Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Produksi Naik, Ekonomi Jerman Tumbuh 0,4 Persen

Senin 07 Apr 2014 15:35 WIB

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih

Bendera Jerman

Bendera Jerman

Foto: chaldean.org

REPUBLIKA.CO.ID, WIESBADEN -- Produksi industri di Jerman mengalami peningkatan selama empat bulan berturut-turut sampai Februari 2014. Hal ini mengindikasikan pertumbuhan negara ekonomi terbesar di Eropa tersebut mengalami akselerasi.

Produksi tumbuh 0,4 persen dibandingkan Januari. Federal Statistic Office menyatakan, produksi meningkat menjadi 4,8 persen pada Februari dibandingkan tahun sebelumnya.

Bulan lalu bank sentral Jerman Bundesbank menyatakan, ekonomi negara tersebut mengalami penguatan di kuartal pertama 2014. Permintaan di pabrik mengalami peningkatan dan tingkat pengangguran menurun.

Seperti dilansir Bloomberg, Senin (7/4), manufaktur Jerman tumbuh 0,5 persen sementara produksi barang konsumsi naik 0,3 persen. Laporan badan statistik Jerman menunjukkan sektor konstruksi mengalami penurunan 0,1 persen sementara energi anjlok 0,9 persen. 

"Ekonomi Jerman menguat, didukung cuaca dan sentimen yang solid," kata ekonom senior dari Berenberg Bank di London, Christian Schulz.

Ekonomi negara yang terletak di Eropa Barat tersebut secara kuartal tumbuh 0,4 persen. Pertumbuhan negara dengan ibu kota Berlin itu ikut mendorong penguatan negara Eropa lain. Statistik resmi kuartal pertama akan dirilis pada 15 Mei mendatang.

Pekan lalu, bank sentral Eropa (ECB) menjaga suku bunga acuan pada level terendah 0,25 persen. Presiden Mario Draghi menyatakan siap menggunakan seluruh alat yang memungkinkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Eropa, termasuk pelonggaran kuantitatif.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA