Senin 07 Apr 2014 09:39 WIB

Minuman Ini Bantu Kurangi Berat Badan

Pir yang dijus bagus untuk mengurangi berat badan.
Foto: Prayogi/Republika
Pir yang dijus bagus untuk mengurangi berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, Anda memutuskan untuk menghilangkan beberapa kilogram dari berat badan? Berarti jawabannya, mulai sekarang Anda harus berolahraga sambil mengkombinasikannya dengan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang.

Selain itu ada beberapa tipe minuman yang akan membantu percepatan pembakaran lemak. Juga mengurangi berat badan lebih cepat dari biasanya. Berikut rinciannya seperti dikutip dari lifespan :

1. Jus sayur

Jus ini bisa membantu pengurangan berat badan secara jangka panjang. Terutama bila meminum jus dari sayur hasil persilangan, seperti kol, kale, brokoli, atau kembang kol. Jus sayur-sayuran ini tanpa tambahan buah atau dengan buah.

Tak hanya membantu mengurangi berat badan, jus sayur ini juga membuang racun-racun tubuh. Jus sayur bermanfaat lain yaitu menjaga tubuh tetap sehat dan membuang radikal bebas. Sayur-sayuran ini menjaga kadar hormon dalam tubuh dan mencegah pengganggu hormon yang bermain-main dengan kadar hormon normal.

Sayur-sayuran tersebut kaya phytonutrient, yang sempurna untuk mengurangi kadar lemak tubuh, mengurangi radang, dan mengontrol kadar gula darah. Sekaligus menyeimbangkan hormon, mendongkrak metabolisme, serta memberikan efek detoksifikasi.

2. Teh hijau

Teh hijau telah lama dimanfaatkan manusia karena beragam manfaatnya. Pengurangan berat badan pun menjadi salah satunya. Meski konsumsi teh hijau saja tidak akan mengurangi beberapa kilogram, tapi teh hijau menjadi tambahan baik dalam pola makan. Minum satu cangkir teh hijau sehari akan mengantarkan kebutuhan antioksidan tubuh yang dibutuhkan hingga membantu membakar lemak serta mendongkrak metabolisme tubuh.

Teh hijau juga bagus untuk meningkatkan kadar energi dan menekan nafsu makan, hingga mengurangi jumlah makanan yang biasanya disantap sehari-hari. Teh hijau sangat populer di Jepang dengan manfaat mengurangi stres dan menimbulkan rasa relaks.

3. Jus buah, cranberry dan pir

Jus buah sangat mudah disiapkan dan kaya nutrisi, vitamin, serta mineral. Namun, jus pir dan cranberry merupakan salah satu jus yang paling enak dan mengandung vitamin C yang tinggi.

Kombinasi jus ini pun membantu mengurangi berat badan dengan mendongkrak metabolisme tubuh, alias mesin alami pembakar lemak tubuh, tapi juga meningkatkan kadar energi dan memberikan tubuh vitamin dan protein yang dibutuhkan.

Cranberry yang dijus juga terkenal sebagai anti infeksi. Sementara pir mengandung magnesium, potasium, fosfor, serta kaya vitamin C dan kalsium.

4. Kopi hitam

Terakhir adalah kopi hitam yang diminum secara terbatas. Kopi hitam memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari kandungan antioksidannya untuk mengurangi radikal bebas dan melawan kanker. Kopi juga bisa mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

Di saat yang bersamaan, kafein sempurna sebagai pendongkrak metabolisme dan juga meningkatkan jumlah kalori yang akan dibakar. Hati-hati namun saat mengonsumsinya. Sebab, jika tujuannya mengurangi berat yang diinginkan adalah kopi hitam tanpa guladan susu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement