Ahad 06 Apr 2014 10:22 WIB

9 Kebiasaan Yang Menyebabkan Keriput Dini (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
.
Foto: Yasin Habibi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Keriput adalah bagian dari penuaan dalam kehidupan. Sementara kita tahu, keriput akan tetap datang seiring bertambahnya usia. Namun, beberapa kebiasaan buruk berikut justru membuat Anda mendapatkan keriput lebih cepat dari waktunya. Berikut paparannya, dilansir dari Beauty High, Ahad (6/4).

1. Merokok

Merokok adalah penyebab umum seseorang cepat keriput. Dokter kulit dan ahli bedah kosmetik pendiri LovelySkin, Joel Schlessinger menyarankan Anda untuk tidak merokok demi menghindari keriput dini.

2. Konsumsi gula berlebihan

Jika Anda ingin menjaga kulit tetap sehat dan muda, pepatah lama bahwa makan sesuka hati harus dilupakan. Makan terlalu banyak gula dan makanan tinggi glisemik juga bisa menyebabkan ekriput dini. Ahli kesehatan Roshini Rajapaksa menerangkan bahwa terlalu banyak makanan manis akan mempercepat penuaan. Kulit Anda akan menjadi kaku, cacat, dan akhirnya keriput.

Itu karena kebanyakan makanan manis saat ini menggunakan gula rafinasi dan karbohidrat sederhana yang memicu peradangan di seluruh tubuh sehingga tingkat insulin meningkat. Peradangan menghasilkan enzim yang memecah kolagen dan elastin yang menyebabkan kendur dan keriput.

3. Minuman keras

Semua jenis alkohol menyebabkan dehidrasi pada kulit. Ahli bedah plastik besertifikat, James C Marotta mengatakan kulit akan tampak kurang berisi dan kurang segar dipagi hari. Seiring waktu, kulit Anda akan kehilangan elastisitas.

Alkohol juga merusak kandungan vitamin A dalam kulit Anda. Vitamin A merupakan antioksidan yang sangat penting untuk kulit dan tubuh, juga regenerasi sel-sel baru. Vitamin A juga sangat penting dalam produksi kolagen. Nah, kolagen inilah yang menjaga kulit tetap lentur, kencang, dan muda.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement