Jumat 04 Apr 2014 14:05 WIB

Swing Voters Dinilai Jadi Penentu Parpol

Rep: Andi Mohammad Ikhbal/ Red: Muhammad Hafil
Burhanuddin Muhtadi.
Foto: IST
Burhanuddin Muhtadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Besarnya jumlah swing voters mencapai 19,8 persen dinilai menjadi penentu keberhasilan partai politik (parpol) memenangkan Pemilu 2014. 

“Kemenangan parpol ditentukan dari seberapa besar upaya partai mendekati orang-orang yang belum menentukan pilihan,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi di otel Sari Pan Pasific, Jakarta, Jumat (4/4).

Dia mengatakan, kampanye yang berlangsung tidak mempunyai dampak signifikan terhadap elektabilitas partai. Mereka justru melihat sosok figur yang menjadi magnet elektoral.

Selain itu, dalam kampanye pun, para /indecided voters/ tidak diikutsertakan. Kegiatan tersebut hanya diramaikan kerabat keluarga kader, karena itu sosialisasi itu dianggap tidak maksimal.

Berdasarkan survei Indikator yang bertema 'Efek Kampanye dan Efek Jokowi: Elektabilitas Partai Jelang Pemilu Legislatif 2014, masih ada 19,8 persen pemilih yang belum pasti memilih dan 1,3 persen tidak ikut berpartipasi.

Survei berlangsung sejak 28 Februari - 10 Maret 2014, melibatkan 2.050 responden yang memiliki hak pilih. Margin of error kurang lebih 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement