Selasa 01 Apr 2014 01:35 WIB

Catatan Partisipasi Pemilih Luar Negeri di Enam PPLN Versi KPU

Rep: ira sasmita/ Red: Muhammad Hafil
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik melepaskan surat suara untuk dikirim ke panitia pemungutan luar negeri (PPLN) di Jakarta, Rabu (12/2).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik melepaskan surat suara untuk dikirim ke panitia pemungutan luar negeri (PPLN) di Jakarta, Rabu (12/2). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -— Pemilihan umum legislatif telah digelar di enam Panitia Pemungutan Luar Negeri (PPLN), Ahad (30/3) kemarin. Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menghitung partisipasi pemilih luar negeri karena masih menunggu surat suara yang dikirimkan pemilih yang menggunakan hak pilihnya lewat jalur pos.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, enam PPLN yang telah rampung menyelenggarakan pemungutan suara tersebut yakni PPLN Beijing, PPLN Shanghai, PPLN Hong Kong, PPLN Kopenhagen, PPLN Santiago Chile, dan PPLN Brazil.

Meski masih menunggu surat suara yang dikirimkan lewat pos, KPU telah menghitung jumlah partisipasi pemilih berdasarkan kedatangan ke tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN).

Pemungutan suara di PPLN KJRI Shanghai dilaksanakan pukul 09.00 pagi waktu setempat dan berakhir pada pukul 18.00 di kantor KJRI Shanghai. Pemilih di PPLN Shanghai tercatat sebanyak 1.859 orang. Dalam perencanaan awal, sebanyak 1.103 pemilih akan menggunakan hak pilihnya di TPSLN. Namun yang hadir di TPSLN pada hari pemungutan suara hanya 238 orang. Sementara 756 pemilih memilih lewat pos.

Sementara di PPLN Beijing dari 1.197 pemilih yang tercatat dalam DPT, sebanyak 423 pemilih menggunakan hak pilih di TPSLN. Petugas PPLN juga menerima 49 kertas suara yang dikumpulkan tim drop box dari Kota Tianjin. 

"PPLN masih menunggu 380 kertas suara yang dikirim melalui pos dari para pemilih di berbagai kota di wilayah kerja PPLN di daerah tersebut," ujar Ferry, Senin (31/3).

Untuk PPLN Hongkong, dari 102.265 pemilih yang tercatat dalam DPTLN, sebanyak 5.919 orang menggunakan hak pilih di 13 TPSLN di Victoria Park. Dan 776 pemilih menggunakan hak pilih di 2 TPSLN di Macau. 

PPLN juga telah mengirim 16 ribu surat suara lewat pos sehari sebelum pemungutan suara kepada para pemilih yang telah mengkonfirmasi akan menggunakan hak pilihnya lewat pos. 

Sementara di Brazilia, pemungutan suara juga dilaksanakan pukul 09.00 waktu setempat atau pukul 19.00 WIB. Jumlah DPT sebanyak 286 orang. Pemilih yang menggunakan hak pilih secara langsung di TPSLN sebanyak 43 orang dan lewat pos sebanyak 243 orang.

Untuk PPLN di Santiago, Chile, pemungutan suara dilaksanakan pada pukul 20.00 WIB. Sebanyak 114 orang akan menggunakan hak pilihnya secara langsung di TPSLN dan 47 orang melalui pos. Pemungutan suara di PPLN Kopenhagen telah rampung dilaksanakan. Dari 508 pemilih yang terdaftar DPT, sebanyak 120 orang pemilih berencana memilih di TPS dan 388 memilih lewat pos.

Hasil pemungutan suara di TPSLN telah dimasukkan kembali ke dalam kotak suara dan menyimpannya di kantor PPLN dengan pengawasan CCTV 24 jam. Kotak suara akan dibuka dan suara suara akan dihitung bersamaan dengan pelaksanaan pemungutan suara di dalam negeri pada tanggal 9 April 2014.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement