Senin 31 Mar 2014 17:21 WIB

Kebiasaan Ini Ternyata Sebabkan Keriput Muncul

Alpa membersihkan wajah dari riasan sebelum tidur menyebabkan keriput cepat muncul.
Foto: Prayogi/Republika
Alpa membersihkan wajah dari riasan sebelum tidur menyebabkan keriput cepat muncul.

REPUBLIKA.CO.ID, Keriput merupakan bagian dari alur kehidupan. Perempuan, juga pria, pun sudah pasti menemukan keriput seiring bertambahnya usia. Perlawanan terhadap keriput namun terkadang tak ada hubungannya dengan usia.

Pasalnya, kebiasaan terkait kecantikan bisa memengaruhi munculnya kerutan. Merokok, alkohol, dan pola makan yang buruk sudah diketahui dengan pasti menyebabkan keriput. Selain itu masih ada beberapa kebiasaan yang ternyata berpengaruh terhadap keawetan kulit.

Mengunyah permen karet merupakan salah satu faktor penyumbang munculnya keriput. Mereka yang hobi mengunyah permen karet biasanya timbul keriput di bagian bawah mulutnya. Mengunyah permen karet juga menyebabkan masalah di struktur mulut. Tanggalkan kebiasaan ini demi kulit yang lebih awet muda.

Tertidur tanpa membersihkan riasan wajah juga membuat kulit cepat berkeriput. Riasan wajah dan polusi lingkungan bisa berakumulasi selama hari bertambah senja. Akumulasi itu lalu menumpuk dalam pori, merusak jaringan kolagen dan elastin. Hal ini bisa mempercepat proses penuaan dan meninggalkan kulit dengan garis halus serta keriput.

Biasakan membersihkan dan melembabkan wajah setiap malam sebelum tidur.

Hentikan pula kebiasaan memencet jerawat. Biarkan jerawat keluar secara alami atau gunakan produk alami untuk menghilangkan jerawat. Setiap kali Anda memencet jerawat dan menarik kulit, Anda menyebabkan kerusakan serta menyebabkan iritasi, luka, dan keriput.

Kebiasaan meregangkan kulit untuk mengaplikasikan riasan ternyata menciptakan keriput. ''Jangan menarik mata dan meregangkannya saat hendak memaki maskara. Yang benar adalah menggerakkan seluruh wajah ketika ingin menggunakan riasan. Bukan meregangkannya,'' ujar make up artist Donna Kelly.

Kebiasaan lain yang berpengaruh terhadap kerutan adalah abai menggunakan tabir surya saat keluar rumah. Beberapa menit saja terpapar sinar matahari kulit bisa rusak. Akibatnya, muncul garis halus dan kerutan.

''Kenakan selalu tabir surya setiap hari, hujan atau cerah. Sehingga kulit terbebas dari dampak matahari. Pilih SPF hingga 30 dan produk yang mengandung zinc dioxide atau titanium dioxide,'' kata Debra Jaliman, dokter kulit asal New York.

sumber : Woman Health Mag

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement