Senin 31 Mar 2014 11:53 WIB

Jokowi Kunjungi Rumah Peninggalan Mentor Politik Bung Karno

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Muhammad Hafil
Pendukung Joko Widodo (Jokowi) melakukan aksi spontan mendukung pencalonan Gubernur Jakarta itu sebagai presiden.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pendukung Joko Widodo (Jokowi) melakukan aksi spontan mendukung pencalonan Gubernur Jakarta itu sebagai presiden.

REPUBLIKA.CO.ID, NGAWI -- Calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo sedang berada di Kelurahan Kauman, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jakarta Timur untuk berkampanye, Senin (31/3). Di sana, dia mengunjungi rumah peninggalan Radjiman Widiodiningrat, salah satu pahlawan Indonesia yang merupakan mentor politik Bung Karno.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Kedatangannya langsung disambut dengan kesenian khas Jawa Timur, Reog Ponorogo. Seperti biasa, ratusan warga sudah menanti gubernur DKI Jakarta tersebut untuk minta bersalaman. Setelah itu, dia lantas masuk ke rumah utama.

Di sana, Jokowi sempat mendengarkan penjelasan dari warga setempat mengenai jejak sejarah Radjiman, yang merupakan Ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPU PKI) dan salah satu pendiri Budi Utomo.  Setelah itu, Jokowi membacakan surat perintah empat perjuangan. 

"Satu, amankan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI, dan bhineka tunggal ika. Dua, jalankan trisakti secara konsisten melalui pembangunan semesta dan berencana. Tiga, utamakan prinsip musyawarah dan gotong royong. Empat, dedikasikan hidpumu untuk rakyat. Megawati Soekrno Putri," kata Jokowi.

Mantan wali kota Solo itu mengatakan, tujuannya datang ke situs bersejarah untuk mengingatkan bangsa ini akan perjuangan para pahlawan. Dengan begitu, bangsa Indonesia tidak akan kehilangan identitasnya. 

"Jejak sejarah ini perlu diketahui. Supaya anak cucu kita tahu bagaimana perjuangan para pahlawan dulu," ujar suami Iriana tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement