Senin 31 Mar 2014 11:05 WIB

WNI di Kabul dan Quito Gelar Pemungutan Suara Hari Ini

Rep: ira sasmita/ Red: Muhammad Hafil
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik melepaskan surat suara untuk dikirim ke panitia pemungutan luar negeri (PPLN) di Jakarta, Rabu (12/2).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik melepaskan surat suara untuk dikirim ke panitia pemungutan luar negeri (PPLN) di Jakarta, Rabu (12/2). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan umum legislatif bagi warga negara Indonesia di luar negeri memasuki hari kedua. Setelah kemarin pemilihan awal dilangsungkan di lima negara, Senin (31/3) ini pemungutan suara digelar di Kabul (Afghanistan) dan Quito (Ecuador).

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, meski pemungutan suara dilakukan lebih awal. Penghitungan suara tetap dilakukan bersamaan dengan pileg di dalam negeri.

"Namun penghitungan suara tetap dilakukan serentak dengan dalam negeri pada 9 April 2014," kata Ferry.

Kotak suara akan disimpan terlebih dahulu di kantor perwakilan Indonesia disertai berita acara. Kotak suara berisi surat suara yang telah dicoblos tersebut disegel dan baru bisa dibuka pada 9 April 2014. 

Pemungutan awal diselenggarakan di 130 negara karena disesuaikan dengan hari libur di masing-masing negara. Jika digelar bersamaan dengan pemilu dalam negeri yang akan dihelat 9 April 2014 nanti, dikhawatirkan partisipasi WNI di luar negeri tidak begitu tinggi. Sebab, izin kerja bagi pemilih di luar negeri cukup sulit.

Pileg di luar negeri dijadwalkan KPU mulai 30 Maret hingga 6 April 2014. Pada 30 Maret pileg digelar di Beijing, Brazil, Hongkong, Kopenhagen, Santiago, dan Shanghai. Kabul dan Quito (31 Maret). Damascus, Havana (Kamis, 3 April 2014). Abu Dhabi, Alger, Amman, Daka, Doha, Dubai, Khartoum, Kuwait, Kyiv, Maputo, Moskow, Muscat, Sanaa, Teheran (Jumat, 4 April 2014).

Kemudian pada Sabtu, 5 April 2014 di Antananarivo, Baghdad, Bangkok, Beograd, Berlin, Bern, Bogota, Bratislava, Brussel, Bucharest, Buinos Aires, Canberra, Caracas, Chicago, Colombo, Dakar. Darwin, Dacao City, Den Haag, Dili, Frankfurt, Hamburg, Helsinki, Houston, Jeddah, Kairo, Lima, London, Los Angeles, Manama, Melbourne. Mumbai, Nairobi, New York, Ottawa, Panama, Paramaribo, Praha, Rabat, Riyadh, San Fransisco, Sarajevo, Sofia, Songkhla, Stockholm, Suva, Sudney, Toronto, Tripoli. Vancouver, Viantiane, Warsawa, Washington DC, Wina, Windhock, Zagreb.

Sementara pileg pada 6 April akan dilangsungkan di Abuja, Addis Ababa, Ankara, Astana, Athena, Baku, Beirut, BS Begawan, Budapest, Cape Town, Dar Es Salam, Guangzhou, Hanoi, Harare, Ho Chi Minh.Islamabad, Istambul, Karachi, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, Lisabon, Madrid, Manila, Marseille, Mexico City, New Delhi, Noumea, Osaka, Penang, Perth, Pnom Penh, Port Moresby, Pretoria, Pyong Yang, Roma, Seoul. Singapura, Taiwan, Tawau, Tokyo, Tunis, Vatikan, Wellington, dan Yangoon. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement