Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

New Honda Vario FI, Mesin Beat dengan Rasa Beda

Ahad 30 Mar 2014 10:47 WIB

Red:

New Honda Vario FI, Mesin Beat dengan Rasa Beda

New Honda Vario FI, Mesin Beat dengan Rasa Beda

Foto: motor.sportku.com

SPORTKU.COM - Skutik terakhir dari Honda yang diinjeksikan pada 2014 ini yaitu Vario 110. Dengan basic mesin yang sama dengan Honda Beat, Vario FI memiliki fitur-fitur yang memanjakan bagi konsumennya.

Fitur-fitur menariknya antara lain  New Dual Keen Eyes LED Headlight yang membuat lampu depan lebih terang dan lebih berkelas. Kemudian integrated key shutter untuk keamanan kunci kontak yang dilengkapi magnet dan tombol pembuka tempat duduk alias jok seperti yang ada pada Vario 125 PGM-FI.

Inovasi fitur baru juga terdapat pada Vario FI ini. Seperti new functional hook atau pengait yang berfungsi untuk membawa barang atau kantong dengan desain dapat dilipat dan praktis. Kapasitas bagasi juga lebih besar hingga 13 liter dan dapat membawa barang cukup banyak.

Fitur canggih yang bakalan cukup bikin orang penasaran yaitu ABS. Bukan tentang pengereman loh. ABS ini kepanjangan dari Answer Back System yang memudahkan sang pemilik ketika kesulitan mencari keberadaan motor ditempat parkir. Hanya dengan menekan tombol remote, motor akan langsung memberi respon suara dan seketika lampu sein akan menyala.

Performa

Mesin yang diusung Vario FI ini 4 langkah, SOHC pendingin udara dengan total kapasitas mesin 108cc dan dibulatkan jadi 110cc. Saat duduk di jok Vario FI, SPORTKU yang punya tinggi 170cm kaki dapat menapak dengan sempurna. Jadi untuk orang dengan tinggi 160cm keatas sepertinya masih bisa memegang setang kemudi dengan maksimal. Kala berkendara, mesin 110cc-nya mengingatkan pada power Honda Beat tapi dengan rasa yang beda.

Jangan samakan dengan Vario FI dengan versi karburator, bro. Vario karbu mempunyai sistem pendingin mesin dengan radiator. Tapi nggak usah pandang sebelah mata juga pada Vario baru. Meski dengan sistem pendingin udara tapi teknologi injeksinya ini mampu beri harapan lain. Otomatis juga ini jadi pertimbangan soal harga agar tetap terjangkau dan diminati. 

Saat bejek gas secara spontan, motor langsung ngacir menuju tikungan beberapa meter di depannya. Dengan karakter mesinnya yang smooth, power 8,52 Ps/8000 rpm dan torsinya 0,89 Nm/6500 rpm juga terasa. Ditambah dengan manuver zigzag Vario FI masih ringan dengan gaya berkendara tetap terkontrol. Soal mesin pasti sudah teruji seperti yang terjadi pada Honda Beat yang memang lincah dan irit.

Handling

Posisi setang Vario FI lebih rendah dibanding punya Beat. Tapi dengan rasa yang beda Vario FI punya riding position yang lebih nyaman. Dengan dimensi 1.888 x 679 x 1.091mm Vario FI tergolong ringan untuk dikendalikan. Untuk blusukan ditengah kemacetan lalu lintas perkotaan dengan karakter stop and go juga terbilang mumpuni. 

Kemudian ciri khas yang sama dengan skutik Honda lainnya yaitu soal kestabilan. Kontrol pengendara matik Honda memang dari bawaan pabriknya sudah dimanjakan dengan ban standar lebih besar dibanding skutik kompetitor sekelasnya. Vario FI yang dibekali ban depan dengan ukuran 80/90-14 dan 90/90-14 pada belakang sangat mantap melahap tikungan tanpa khawatir grip ban kurang mencakar tanah.

Terakhir soal pengereman sudah pasti bekerja maksimal. Kombinasi rem cakram depan dan rem tromol pada belakang bekerja baik dengan sistem pengereman yang sudah populer pada matik Honda yaitu Combi Brake System (CBS).

New Honda Vario FI dibanderol seharga Rp15,2 juta (on the road Jakarta), dengan pilihan warna Posh White, Glam Red, Estilo Black, Grande White dan Shimmer Blue. 

110cc berpendingin udara dan teknologi injeksihonda vario fi, honda vario 110 injeksi, astra honda motor, first impression new honda vario fi, welovehonda, motor honda, PGM-FI

sumber : motor.sportku.com
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA