Jumat 28 Mar 2014 21:57 WIB

KPU Jatim Nantikan Penggantian 400 Ribu Surat Suara Rusak

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Hazliansyah
Petugas Logistik KPU Kota Yogyakarta menunjukkan surat suara yang rusak di Gudang Pengelolaan Logistik Pemilu Kota Yogyakarta, Jumat (7/3).
Foto: Antara/Noveradika
Petugas Logistik KPU Kota Yogyakarta menunjukkan surat suara yang rusak di Gudang Pengelolaan Logistik Pemilu Kota Yogyakarta, Jumat (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur (Jatim) masih menanti penggantian 400 ribu surat suara untuk pemilihan umum (pemilu) legislatif 2014 yang rusak.

Ketua KPU Provinsi Jatim, Eko Sasmito, mengatakan, berdasarkan pemutakhiran data yang dilakukan pihaknya pekan lalu, diketahui bahwa sebanyak 400 ribu suara untuk pemilu legislatif 2014 rusak. Hal itu menyebabkan hampir seluruh wilayah di Jatim mengalami kekurangan logistik, dan bentuknya berbeda-beda. 

Ada yang kekurangan surat suara, kekurangan alat pemilu, dan sebagainya. Namun pihaknya mengklaim, kekurangan surat suara itu masih bisa ditolerir dibandingkan jumlah total surat suara untuk wilayah Jatim yaitu sekitar 30 juta surat suara.

“Untuk itu, kami telah meminta kekurangan surat suara itu ke rekanan dan KPU Indonesia. Sebagian besar permintaan surat suara sudah dipenuhi,” kata Eko, Jumat (28/3).

Untuk mengetahui detil kekurangan surat suara dan logistik pemilu di 38 kabupaten atau kota di Jatim, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi.  “Jumlah pasti kekurangan logistik baru diketahui besok setelah dilakukan rapat koordinasi baru akan diketahui,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan, logistik pemilu di seluruh kecamatan di kota maupun kabupaten di Jatim sudah tersedia sepekan sebelum pemungutan suara yang digelar pada Rabu (9/4) mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement