Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

SBY: Kades Pemimpin Terdepan dan Terlama

Senin 24 Mar 2014 15:48 WIB

Red: Agung Sasongko

Pilkades

Pilkades

Foto: ROL

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --  Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan bahwa kepala desa bukan pemimpin terendah, melainkan pemimpin terdepan.

"Apdesi (asosiasi pemerintah desa seluruh Indonesia) jangan gunakan lagi istilah pemimpin terendah, akan tetapi pemimpin terdepan," kata Presiden saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Seminar Nasional Apdesi di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, Senin (24/3).

SBY mengatakan, kepala desa merupakan pemimpin terdepan sama halnya dengan presiden, gubernur, bupati dan wali kota di Indonesia, karena kepemimpinan mereka dibutuhkan untuk kemajuan dan pembangunan di daerah masing-masing.

"Bedanya kalau presiden dapat dipilih dua kali dengan masa jabatan selama lima tahun, sedangkan kepala desa dipilih tiga kali dengan jabatan enam tahun," kata Presiden.

Pada kesempatan itu, Presiden SBY juga menceritakan pengalamannya waktu bersama menteri yang berkunjung ke desa dan bertemu langsung dengan masyarakat yang tinggal desa dan mengamati kehidupan nyata yang ada di desa.

SBY memperhatikan apa yang ada di desa mulai dari rumah penduduk, sekolah-sekolah, fasilitas kesehatan seperti pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan pakaian yang digunakan masyarakat perdesaan sehari-hari.

"Itulah yang terlihat secara kasat mata di desa, dan secara visual menggambarkan kehidupan di desa dari segi ekonomi, penghasilan, kesejahteraan rakyat dan situasi sosial dan keamanan bagaimana," katanya.

"Saya mengambil kesimpulan bahwa kalau negara ingin maju, bukan hanya provinsi yang maju, akan tetapi kabupaten dan kota harus maju, begitu juga kecamatan, kalau ingin maju maka desa-desa haruslah maju," kata Presiden.

Rakernas dan Seminar Nasional "Dari Desa Untuk Indonesia" yang digelar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Apdesi ini diikuti sekitar tiga ribuan peserta dari Pengurus DPP, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Apdesi se provinsi seluruh Indonesia dan kepala desa se- DIY dan Jawa Tengah.

Ketua DPP Apdesi Suhardi dalam laporan sebelum Rakernas dibuka secara resmi oleh Presiden mengatakan, Apdesi mengucapkan terima kasih kepada Presiden dalam acara yang dihadiri mulai dari pemimpin tertinggi hingga pemimpin terendah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA