Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Kadin: Investor Taiwan Siap Bangun Pabrik Tablet

Selasa 18 Mar 2014 18:11 WIB

Red: Nidia Zuraya

INVESTASI(illustrasi)

INVESTASI(illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadin Indonesia menjembatani kemungkinan mendatangkan perusahaan manufaktur asal Taiwan, Chunghwa, ke Indonesia untuk membangun pabrik komputer tablet di Tanah Air.

"Kami sedang menjajaki kerja sama dengan Chunghwa, perusahaan BUMN Taiwan," kata Wakil Ketua Umum Bidang IT, Telekomunikasi, Penyiaran, dan Ristek Kadin Indonesia Didi Suwondo, usai menjadi pembicara pada seminar: "Berbagi Infrastruktur Kurangi Defisit Neraca Perdagangan", di Jakarta, Selasa (18/3).

Menurut Didi, kerja sama tersebut bagian dari rencana pemerintah dan perusahaan swasta yang tergabung dengan Kadin Indonesia untuk ikut mendukung dunia pendidikan di Indonesia. "Menurut rencana, komputer tablet tersebut akan dipasok untuk pelajar SD hingga SMA. Pemenuhan perangkat komputer sejalan dengan semangat meningkatkan kualitas pendidikan nasional," katanya.

Didi menjelaskan, untuk merealisasikan kerja sama tersebut, Kadin Indonesia akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian Pendidikan, Kementerian Perindustrian dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). "Dalam jangka panjang realisasi pabrik tersebut dapat memproduksi tablet hingga 23 juta unit," ujarnya.

Meski begitu Didi belum menyebutkan berapa investasi yang akan disiapkan untuk membangun pabrik tablet yang dimaksud, karena masih dalam penjajakan. Ia hanya menjelaskan, perusahaan Indonesia yang siap bermitra dengan Chungwha sudah menyiapkan lahan yang akan menjadi lokasi pabrik di salah satu kawasan industri di Timur Jakarta.

Pada kesempatan itu, Didi menuturkan kerja sama dengan Chunghwa tersebut tidak ada kaitannya dengan belum kunjung terealisasinya Foxconn, perusahaan manufaktur asal Taiwan untuk membangun pabrik perangkat TI di Indonesia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA