Senin 17 Mar 2014 17:26 WIB

Konsumsi Ikan Membantu Kualitas Tidur Anak

salmon
Foto: Adhi Wicaksono/Republika
salmon

REPUBLIKA.CO.ID, Memberikan kapsul minyak ikan atau menyantap ikan yang berminyak bisa membantu meningkatkan kualitas tidur anak. Kadar omega-3 dan asam lemak yang tinggi, yang biasanya ditemukan pada ikan yang berminyak, membuat anak tidur lebih lama dan lebih sedikit bangun di malam hari.

Temuan tersebut diperoleh dari studi yang dilakukan Oxford University. Peneliti di sana memberi anak yang kadar tidurnya dianggap buruk dengan suplemen algae selama 4 bulan. Penelitian dilakukan terhadap 352 anak usia 7 hingga 9 tahun.

Orang tua kemudian mengisi kuisioner yang mengatakan 4 dari 10 anak mengalami gangguan tidur rutin.

Peneliti juga menempatkan sensor di pergelangan 43 anak yang dianggap tidurnya bermasalah untuk memonitor pergerakan anak selama lima malam.

Mereka menemukan anak-anak yang mengonsumsi suplemen tersebut tidur 58 menit lebih lama dan bangun lebih sedikit dibanding yang tidak diberikan suplemen. Dan sumber suplemen terbaik adalah asam lemak dengan omega-3 dalam ikan yang kadar minyaknya banyak.

salah satu elemen dalam ikan tersebut adalah DHA. Elemen ini mengajarkan sel saraf berkomunikasi dengan satu sama lain.

Anak-anak dan dewasa direkomendasikan menyantap ikan setidaknya dua kali sepekan. Termasuk di dalamnya satu porsi ikan yang berminyak seperti salmon.

Kenyataannya, angka konsumsi ikan terus menurun. Menjadi hanya satu porsi dalam sepekan.

Studi ini menemukan kadar aliran darah yang lebih tinggi dari jaringan panjang omega-3 DHA itu merupakan sumber bagi tidur yang lebih berkualitas. Juga resistensi tidur yang lebih rendah dan gangguan tidur secara keseluruhan.

Wah, saatnya menambahkan ikan seperti salmon dalam menu keseharian anak demi kualitas tidur yang lebih baik.

sumber : Dailymail

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement