Senin 17 Mar 2014 07:58 WIB

Cara Mujarab Usir Bekas Luka Jerawat

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Citra Listya Rini
Wajah berjerawat
Foto: livescience.com
Wajah berjerawat

REPUBLIKA.CO.ID, Jerawat merupakan masalah yang kerap ditemui pada jenis kulit berminyak. Namun, yang paling menyebalkan adalah bekas luka yang ditinggalkan jerawat.

Tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas luka akibat jerawat. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan seperti dilansir Boldsky, Sabtu (15/3).

Pijat

Ini merupakan salah satu cara paling mudah menghilangkan bekas luka jerawat. Gunakan minyak zaitun untuk melembutkan lapisan kulit mati di wajah. Ambil satu sendok makan minyak zaitun dan mulailah memijat wajah dengan lembut. Sesekali gunakan sedikit tekanan di bagian yang membutuhkan. Pijatlah wajah dengan gerakan memutar. kaistimewaan minyak ini adalah tidak masuk ke dalam pori-pori sehingga tidak akan menyebabkan jerawat. 

Penguapan

Selesai dipijat, lakukan penguapan. Isi air panas dalam mangkuk besar, kemudian lakukan penguapan pada wajah dengan jarak sekitar 30 cm dari air. Lakukan penguapan selama 10 menit, lalu bersihkan wajah dengan handuk. Proses pemijatan yang dilanjutkan dengan penguapan membantu bekas luka mengendur yang membantu untuk menghilangkannya.

Pengelupasan

Setelah lapisan kulit melembut, kini saatnya pengelupasan lapisan kulit. Campur satu sendok makan minyak zaitun dengan baking soda secukupnya. Gunakan di wajah dengan gerakan memutar seperti saat anda menggunakan scrub. Lakukan beberapa menit lalu bersihkan dengan kain basah. Bekas luka akan hilang dalam proses ini.

Wajah Bebas Jerawat

Lindungi kulit wajah yang sudah bersih dengan menggunakan campuran minyak zaitun dan tea tree oil. Gunakan campuran ini pada kulit yang bekas jerawatnya telah hilang. Tidak hanya melindungi, campuran ini juga mencegah terjadinya jerawat akibat bakteri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement