Senin, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Senin, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Kilau Biru Batu Safir

Kamis 13 Mar 2014 17:17 WIB

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Indira Rezkisari

Batu safir

Batu safir

Foto: Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak Kate Middleton memamerkan cincin berbatu biru yang dulu melingkar di jari Putri Diana, popularitas batu biru itu terangkat. Ramai- ramai perempuan memburu batu berharga yang bernama safir.

Keindahan safir memang mampu membuat pemakainya turut berkilauan. Suwanti dari Reny Feby Jewellery mengatakan pada safir jenis terbaik mata dapat menangkap kilauan di bagian terdalam safir.

Batu ini memang memiliki kemampuan memantulkan cahaya seperti cermin.

Batu permata safir terbentuk dari mineral korundum yang telah mengkristal. Korundum terkenal dengan daya tahan kekerasannya. Safir memiliki nilai kekerasannya 9 Mohs, tepat di bawah berlian.

Artinya, batu ini dapat bertahan lama selama berabad-abad.

Batu safir banyak ditemukan di kawasan Sri Lanka, Kashmir di India, Burma, Madagaskar, Australia, dan Afrika. Setiap tempat umumnya menghasilkan batu safir dengan karakter yang khas.

Tiga warna safir yang paling sering ditemui adalah biru, merah, dan kuning. Negara Sri Lanka disebut sebagai tempat penghasil safir biru terbaik di dunia. Kejelasan batunya ideal dan kilaunya menyebar dari sebagian besar sisi safir.

“Warna birunya murni,” sebut Suwanti.

Lain lagi dengan safir Burma. Biru yang dipancarkan lebih tua. Bobotnya juga lebih ringan daripada safir Sri Lanka atau dikenal dengan safir Ceylon. Sementara penghasil safir terbesar adalah Thailand dan Australia.

Warna biru alami pada safir bisa ditingkatkan atau diperbaiki. Permata alam dapat dipanaskan pada suhu 500 derajat celcius hingga 1.800 derajat celcius selama beberapa jam.

Bisa juga dengan pemanasan nitrogen di dalam oven selama tujuh hari atau lebih. Proses itu akan membuat safir berwarna lebih biru. Warna yang lebih tajam, namun harus dibayar dengan faktor inklusinya yang berkurang alias kehilangan efek sutera.

Perawatan batu safir cukup mudah. Rendam batu permata safir ke dalam air sabun hangat ketika kilaunya tampak memudar. Agar permukaannya tak cacat, ke ringkan batu dengan kain khusus pembersih perhiasan. Sesekali, lakukan pembersihan dengan ultrasonik di toko-toko perhiasan.

Harga batu safir mencapai jutaan rupiah. Reny Feby Jewellery, misalnya, menjual batu safir mulai dari Rp 3 juta. Harga tersebut tersemat bagi batu dalam cincin emas. Semakin tinggi faktor clarity atau kejelasan safir, makin tinggi pula harganya.

Ada deretan makna terkandung dalam sebentuk safir. Boleh percaya, boleh juga tidak. Dalam dunia astrologi, safir dikatakan membawa keberuntungan jika dipakai mereka yang berzodiak Aries, Cancer, Libra, dan Taurus. Safir juga kerap disebut pilihan tepat bagi mereka yang lahir di bulan September.

Safir diperumpamakan sebagai lambang kesetiaan dan ketenteraman dalam hidup. Karena itu, perhiasan berbatu safir banyak diberikan pada hari ulang tahun pernikahan, khususnya kelima dan dan ke-45.

Warna biru pada safir dipercaya pula dapat menenangkan jiwa, meningkatkan konsentrasi, dan membuat pikiran lebih fokus. Sedangkan safir merah muda diper umpamakan sebagai perlambang asmara.

‘’Sangat pas bagi mereka yang berjiwa romantis,’’ kata Suwanti.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA