Kamis 13 Mar 2014 06:57 WIB

KPU Manado Prioritaskan Pengiriman Logistik ke Pulau

Petugas KPU merapikan logistik pemilu berupa kotak suara dan bilik suara berbahan kardus di KPU Kota Administrasi Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (15/1).   (Republika/Prayogi)
Petugas KPU merapikan logistik pemilu berupa kotak suara dan bilik suara berbahan kardus di KPU Kota Administrasi Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (15/1). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- KPU Manado, Sulawesi Utara memprioritaskan pengiriman logistik bagi tiga pulau di teluk kota tersebut.

"Hal tersebut kami lakukan sebagai langkah antisipasi mengingat sekarang kondisi cuaca tidak menentu, agar sudah ada di lokasi tepat waktu," kata Komisioner KPU Manado, Amrain Razak di Manado. 

Amrain mengatakan, ketiga pulau yang menjadi prioritas tersebut adalah Bunaken, Manado Tua dan Siladen yang berada di Teluk Manado dan lokasinya terpisah dengan Manado daratan.

Menurut dia, ketiga pulau yang berada di Kecamatan Bunaken Kepulauan tersebut akan menerima surat suara, kotak suara, tinta, hingga bantal dan paku minimal dua minggu sebelum pelaksanaan pemilu April 2014.

"Itu adalah keputusan KPU yang sudah kami bicarakan dan putuskan lebih dulu, dengan tujuan agar pelaksanaan Pemilu dapat terlaksana sukses sesuai tujuan semula," katanya.

Dia mengatakan, meskipun didistribusikan lebih awal dari wilayah lainnya, namun bukan berarti akan langsung disampaikan ke TPS, karena akan dikirimkan lebih dulu ke PPK sebagai penanggungjawab kecamatan.

"Selain itu, yang harus diketahui pengiriman tersebut dalam pengawasan dan pengawalan aparat kepolisian, sehingga tidak ada penyimpangan dalam bentuk apapun," katanya.

Menurut dia, di kecamatan, semua logistik Pemilu tersebut juga akan disimpan dengan aman di lokasi yang sudah ditentukan dan nanti didistribusikan ke TPS sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Amrain mengatakan, dari pusat kecamatan logistik masih akan diteruskan ke dua pulau lainnya, maka memang pekerjaanya lebih panjang, sehingga dilakukan lebih awal dari jadwal.

Berdasarkan data dari KPU, jumlah pemilih di Kecamatan Bunaken Kepulauan sebanyak 4.929 orang yang akan menggunakan hak pilihnya di 21 TPS yang disediakan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement