Rabu 12 Mar 2014 09:15 WIB

Sabtu, KPU Ajak Parpol Deklarasi Damai di Monas

Rep: Ira Sasmita/ Red: Mansyur Faqih
Logo KPU
Foto: beritaonline.co.cc
Logo KPU

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar deklarasi damai pemilu 2014, Sabtu (15/3) di bilangan Monas, Jakarta. Deklarasi damai itu disepakati KPU dengan partai politik untuk mengingatkan masyarakat bahwa pileg sudah di depan mata.

"Tujuan deklarasi damai untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tanggal 9 April pemilihan (caleg)," kata komisioner KPU Arief Budiman, Rabu (12/3).

Acara dijadwalkan dimulai sekitar pukul 11.00 WIB sampai selesai. Deklarasi dimulai dengan panggung hiburan. Kemudian penandatanganan deklarasi dan ditutup pawai parpol dari Monas menuju depan Ratu Plaza dan kemudian kembali ke titik awal.

Setiap parpol bisa mengirimkan dua kendaraan untuk mengikuti arak-arakan. Parpol tidak diperkenankan konvoi selain dengan dua kendaraan tersebut. 

"Tiap parpol hanya bisa mengirim dua kendaraan (pawai) roda enam sampai roda 12, tidak boleh konvoi selain dengan kendaraan ini," ujarnya.

Karenanya, perwakilan parpol harus menyerahkan data kendaraan yang akan diikutsertakan dalam pawai sebelum deklarasi damai tersebut. Kendaraan yang sudah didaftarkan diperbolehkan masuk ke Monas satu hari sebelum pawai dilaksanakan.

KPU berharap deklarasi damai juga dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat. Rakyat bisa segera mengecek apakah mereka sudah terdaftar sebagai pemilih, di TPS mana, dan menimbang pada siapa suaranya akan diberikan.

"Kami harapkan semua ketua umum partai hadir dalam deklrasi ini. Karena deklarasi ini juga menunjukkan komitmen dan kesiapan parpol," kata Arief. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement