Selasa 11 Mar 2014 16:45 WIB

Banyak Konsumsi Ikan Tingkatkan Kadar Kolesterol Baik

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Olahan ikan lele/ilustrasi
Foto: blogspot
Olahan ikan lele/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meningkatkan asupan lemak ikan akan meningkatkan jumlah partikel kolesterol baik secara signifikan, menurut sebuah studi di Universitas Eastern Finland.

Orang-orang yang rajin makan ikan minimal 3-4 kali sepekan memiliki partikel kolesterol baik lebih besar di dalam darah mereka, dibandingkan orang-orang yang kurang makan ikan.

Kolesterol baik (HDL) sangat mumpuni melindungi diri dari penyakit jantung. HDL akan menyapu kolesterol jahat di dinding arteri jantung Anda yang berhubungan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (11/3), studi ini meminta pesertanya untuk mengonsumsi ikan 3-4 kali sepekan. Jenisnya seperti salmon, trout pelangi, herring, dan vendance.

Ikan-ikan tersebut tidak dibumbui mentega atau krim lainnya. Ikan rendah lemak ini juga berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Secara tradisional, kolesterol dibagi menjadi kolesterol buruk (LDL) dan HDL.

"Orang-orang harusnya tidak membodohi diri mereka sendiri dengan memaksa berdiet sebab itu sangat rumit. Akan lebih baik memperbanyak konsumsi ikan dan lemak nabati lainnya," kata peneliti dari studi ini, Maria Lankinen.

Temuan ini juga sejalan dengan rekomendasi gizi Finlandia yang mendorong orang-orang untuk mengurangi konsumsi daging merah dan beralih ke ikan dan makanan laut lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement