Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Siskohat Generasi Kedua Lebih Transparan

Kamis 06 Mar 2014 15:16 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Chairul Akhmad

 Sejumlah petugas melakukan pengecekan paspor milik jamaah calon haji di kantor Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Sejumlah petugas melakukan pengecekan paspor milik jamaah calon haji di kantor Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Foto: Republika/Eric Ireng

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Kementerian Agama (Kemenag) akhirnya meluncurkan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) generasi kedua yang berbasis web.

Sistem yang hadir untuk meningkat layanan haji ini diluncurkan setelah melalui proses rancang bangun ulang, website haji (www.haji.kemenag.go.id).

Kabag Sistem Informasi dan Komunikasi Haji Terpadu Hasan Afandi menjelaskan, ada beberapa pengembangan yang dilakukan dalam website haji generasi kedua ini.

Untuk mendukung transparansi keuangan, website ini juga menampilkan laporan-laporan keuangan penyelenggaraan ibadah haji. “Laporan keuangan ditampilkan dalam website ini agar  publik lebih mudah untuk tahu. Ini juga untuk transparansi,” kata Hasan.

“Rencana Perjalanan Haji 1435 H juga sudah ada sehingga jamaah bisa mengetahuinya,” tambahnya.

Selain itu, website haji ini juga menyajikan layanan pengecekan porsi yang bersifat realtime. Dengan memasukan nomor porsi, setiap jamaah haji yang sudah mendapaftar dan memiliki nomor porsi dapat mengecek dan membuka  informasi tahun keberangkatan.

Dalam website ini juga sudah tersaji daftar Panitia Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU). Harapannya, setiap jamaah yang akan beribadah umrah dapat memperoleh informasi apakah travel agency penyelenggaranya sudah terdaftar di Kementerian Agama atau tidak.

“Kalau ada paket penawaran umrah, jamaah dapat melakukan pengecekan apakah travelnya sudah terdaftar atau belum di Kementerian Agama,” kata Hasan.




BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA