Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Mantan Kapten Timnas Rumania Dipenjara

Rabu 05 Mar 2014 11:27 WIB

Rep: c63/ Red: Fernan Rahadi

Gheorghe Popescu

Gheorghe Popescu

Foto: record.xl.pt

REPUBLIKA.CO.ID, BUCHAREST -- Mantan bek Rumania Gheorghe Popescu  dipenjara dan dihukum oleh pengadilan Rumania bersama delapan pejabat sepak bola Rumania terkait penggelapan pajak dan pencucian uang.

'Gica' Popescu , yang bermain untuk klub seperti PSV Eindhoven, Tottenham Hotspur, Barcelona dan Galatasaray, dijatuhi hukuman tiga tahun satu bulan.

Mantan kapten Rumania ,yang pernah memenangkan Piala Eropa Winners Cup di Barca pada tahun 1997 serta enam kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Rumania ini adalah salah satu favorit untuk menjadi presiden Federasi Sepakbola Rumania yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 Maret hari ini.

Dia telah bermain selama 115 kali untuk Rumania dan dianggap salah satu pemain terbaik negara tersebut. Dia juga adalah salah satu kunci timnas Rumania di putaran final Piala Dunia 1990, 1994 dan 1998 dan di kejuaraan Eropa pada tahun 1996 dan 2000.

Sedangkan pejabart sepakbola lainnya yang diputus pengadilan tinggi Rumania yakni General manager Steaua Bucharest, Mihai Stoica dijatuhi hukuman tiga tahun enam bulan penjara. Mantan pemilik Rapid Bucharest George Copos menerima  putusan tiga tahun delapan bulan dan mantan pemilik Dinamo Bucharest Cristian Borcea mendapat enam tahun empat bulan penjara .

"Hukuman tidak dapat diajukan banding dan sudah dianggap final, " kata Pengadilan Banding Bucharest dalam sebuah pernyataan .

Pengadilan menemukan bahwa negara kehilangan 1,7 juta euro pada pajak dan klub kehilangan 10 juta euro  karena pejabat mendaftarkan jumlah palsu untuk transfer 12 pemain antara tahun 1999 hingga 2005.

Pada tahun 2006 Popescu mengakui bahwa ia telah membuat kesalahan pada tahun 2003 atas transfer Florian Batu dari Rapid Bucharest ke Galatasaray , dan dibayar sekitar 300 ribu euro  dalam pajak untuk jumlah yang diperoleh dari kesepakatan. Kemudian, Ia mengundurkan diri sebagai agen FIFA segera setelah peristiwa tersebut.

Transfer itu melibatkan pemain yang berpindah dari tim Rumania, seperti Bucharest klub pesaing Dinamo dan Rapid, Gloria Bistrita dan Otelul Galati, ke klub asing dan termasuk mantan pemain Timnas Rumania, Cosmin Contra dan Ionel Ganea.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA