Rabu 05 Mar 2014 10:18 WIB
Geneva Motor Show 2014

Toyota Aygo Terbaru Diyakini Bikin Anak Muda Kepincut

New Toyota Aygo
Foto: Carscoop
New Toyota Aygo

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Toyota akhirnya meluncurkan Aygo generasi terbarunya di Geneva Motor Show 2014 pada Selasa (4/3). City car dengan tampilan lebih berani dengan ukuran bodi lebih besar ini diyakini bakal bikin pelanggan berusia muda kepincut.

David Terai, Chief Engineer Toyota, mengatakan desain Aygo memang sengaja dibuat lebih ekstrem karena membidik pengguna muda. Dengan wajah lebih galak berkat efek huruf X hitam menyilang di moncong, atap ‘double-bubble’, dan desain kaca samping yang lebih melancip ke belakang, Aygo pun diharap tampil lebih menonjol ketimbang city car lain.

Toyota mengatakan perubahan pada desain ini perlu dilakukan, karena segmen mobil kompak makin kompetitif dibanding saat Aygo generasi pertama dirilis pada 2005. Saat itu, mungkin hanya ada lima pesaing, namun kini sudah 20-an, kata Toyota. Perubahan ini diharap bisa mempertahankan Aygo sebagai salah satu mobil dengan pangsa pasar terbesar mereka.

Seperti dilansir Autocar, New Aygo memiliki ukuran sedikit lebih besar dibanding pendahulunya. Ia 25 milimeter lebih panjang dan 8 milimeter lebih lebar dari generasi pertama. Toyota juga mengatakan ruang pengemudi kini lebih leluasa. Pasalnya lantai kursi sudah diperpendek untuk memperluas ruang kepala. Kabin juga diklaim lebih lega karena posisi dashboard dan kaca depan dimundurkan hingga 50 milimeter.

Aygo bakal ditawarkan dengan model tiga pintu dan lima pintu. Mesin yang ditawarkan memang baru satu, yaitu mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.0 liter. Mesin yang sanggup menghasilkan 68 tenaga kuda ini dipasangkan dengan opsi transmisi manual lima-percepatan atau transmisi otomasit X-Shift lima-percepatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement