Lima Parpol Ancam Posisi Gerindra
Selasa , 04 Mar 2014, 20:03 WIB
Republika/Prayogi
Gerindra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Enam partai politik (parpol) masih berpeluang memperebutkan posisi tiga besar pemenang pemilihan umum (pemilu) 2014.

Keenam parpol itu adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Hal ini didasarkan pada survei Media Survei Nasional (Median). Direktur Riset Median, Sudarto dalam konferensi pers hasil survei, parpol-parpol papan tengah bersaing sangat ketat dan hanya menunjukkan selisih jumlah suara yang sedikit.

"Partai Gerindra memperoleh 6,2 persen suara, PKS 5,1 persen, PKB 5,0 persen, PPP 4,9 persen dan Hanura 4,8 persen," tutur Sudarto, Selasa (4/3) di Cikini, Jakarta Pusat.

Dengan posisi ini Gerindra, posisinya yang ada di bawah Partai Golongan Karya (Golkar), 17,8 persen, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, 21,4 persen, masih belum aman. "Selisih perolehan suara lima partai lainnya dengan Partai Gerindra masih di bawah Margin of Error 2,57 persen."

Jadi, pungkas Sudarto, jika pemilu diadakaan saat survei berlangsung, peluang lima parpol selain Gerindra itu masih cukup besar.

Survei Median dilakukan 28 Januari hingga 15 Februari 2014, dengan jumlah sampel 1500 orang, "Margin of Error" sebesar 2,57 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen," jelas Sudarto.


Redaktur : Joko Sadewo
Reporter : c57
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar