Kamis 27 Feb 2014 09:41 WIB

5 Tips Agar Cepat Mendapat Pekerjaan

Jangan hanya duduk diam menanti pekerjaan datang menghampiri.
Foto: Oky Lukmansyah/Antara
Jangan hanya duduk diam menanti pekerjaan datang menghampiri.

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda menganggur dan mencari pekerjaan baru, berikut terdapat lima cara yang mungkin efektif membuat Anda direkrut para manajer perusahaan :

1. Tetap aktif saat menganggur

Menganggur tidak berarti Anda tak melakukan apa-apa sepanjang waktu. Direktur Eksekutif Career Development Center dari Rollins College Crummer Graduate School of Business, Jane Trnka, menyarankan Anda mencoba mencari pekerjaan lepas (freelance) atau pekerjaan sukarela, baik yang sesuai dengan bidang kemampuan Anda atau tidak.

"Penting bagi Anda untuk tetap sibuk, baik atas kesadaran sendiri dan menjelaskan (pada manajer perekrut) bahwa Anda tetap aktif," ujarnya seperti dilansir Business News Daily.

Menurutnya, hal ini dapat memberikan nilai tambah pada resume atau daftar riwayat pekerjaan Anda.

Di samping itu, Anda juga dapat menyempurnakan keterampilan Anda pada satu bidang tertentu misalnya dengan mengambil kelas di lembaga pendidikan.

2. Prioritaskan diri untuk menemukan pekerjaan

Saat pekerjaan lepas, sukarela atau pekerjaan lainnya dapat mengefektifkan waktu Anda, jangan lupa kalau prioritas Anda adalah menemukan pekerjaan. Christa Shapiro, regional vice president of Adecco Staffing, merekomendasikan Anda untuk memberikan waktu khusus untuk berburu pekerjaan.

"Sediakan waktu khusus untuk mencari pekerjaan melalui situs pencari kerja," ujarnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengedit resume Anda dan menghadiri acara-acara yang diselenggarakan industri.

3. Manfaatkan jejaring sosial

Anda mungkin memiliki jaringan profesional di tempat kerja sebelumnya, tak salah jika Anda memperkuatnya untuk meningkatkan kesempatan Anda menemukan pekerjaan.

"Manfaatkan media sosial dan jaringan Anda untuk membuat perkenalan atau bahkan permintaan informasi wawancara, " ujar Diane Domeyer, Direktur Eksekutif Creative Group staffing company.

Domeyer juga merekomendasikan Anda untuk menghubungi perekrut yang mengkhususkan diri dalam bidang industri Anda, karena mereka dapat membantu mengidentifikasi posisi yang mungkin Anda tidak disadari.

4. Bantu sesama pencari kerja

Sepanjang pencarian kerja Anda, salah satu hal yang paling bermanfaat yang dapat Anda lakukan adalah tetap profesional dan positif. Ini termasuk membantu sesama pencari kerja.

"Jaringan dan mencari pekerjaan tidak satu arah.  Semakin Anda terlibat dengan orang lain dan membantu mereka -. Apakah itu dukungan emosional, menjadi referensi - semakin Anda akan mendapatkan kredibilitas, dan menerima bantuan sebagai imbalan," ujar Trnka.

5. Selalu tindak lanjuti

Jika Anda mendatangi sebuah wawancara, pastikan Anda menindaklanjutinya dengan manajer yang bersangkutan. Misalkan dengan mengucapkan kata terima kasih.

Anda harus tetap proaktif. Tunjukkan antusiasme dan minat dalam pekerjaan itu.

"Semakin agresif Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan pekerjaan itu," katanya. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement