Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Madrasah Rusak Akibat Erupsi Kelud akan Direnovasi

Rabu 26 Feb 2014 20:35 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Chairul Akhmad

Bangunan yang rusak akibat erupsi Kelud di Kediri, Jawa Timur.

Bangunan yang rusak akibat erupsi Kelud di Kediri, Jawa Timur.

Foto: Republika/Adhi Wicaksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan merenovasi seluruh madrasah negeri dan swasta yang rusak akibat letusan gunung Kelud dua pekan yang lalu.

Data yang dihimpun Kantor Wilayah Kemenag di Jawa Timur mengungkapkan, setidaknya 29 sekolah madrasah mengalami kerusakan di Jawa Timur akibat letusan gunung Kelud.

Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag mengatakan kerusakan madrasah itu bervariasi, mulai dari rusak ringan, sedang hingga berat.

"Surat Keputusan (SK) bantuan rehabilitasinya sudah ada, tinggal menunggu persetujuan dari Menteri Agama (Menag) untuk memulai tahapan rehabilitasinya," ujar Dirjen Pendis Kemenag Nur Syam, Rabu (26/2).

Madrasah yang rusak karena letusan gunung Kelud ini terdiri dari berbagai tingkatan, mulai dari Raudatul Athfal (RA) yang setingkat TK, Madrasah Tsanawiyah (Mts) hingga Madrasah Aliyah (MA). Dari 29 madrasah tersebut, enam madrasah mengalami rusak ringan dengan bantuan berjumlah Rp 3 juta-Rp 5 juta.

Sedangkan 12 madrasah mengalami rusak sedang mendapatkan bantuan yang bervariasi mulai dari Rp 10 juta hingga 150 juta. Sedangkan untuk rusak berat, mendapatkan bantuan renovasi secara total.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA