Selasa 25 Feb 2014 10:57 WIB

RS PKU Muhammadiyah II Akan Dikembangkan Jadi RS Pendidikan

Rep: neni ridarineni/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA - Rumah Sakit  PKU Muhammadiyah II Yogyakarta menargetkan akhir tahun 2015 menjadi rumah sakit pendidikan.

''Rumah sakit ini diproyeksikan menjadi RS Pendidikan Tipe B,''kata Direktur Oprasional RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Ahmad Faisol pada Republika.

Untuk menjadi RS Pendidikan dengan tipe B harus terakreditasi dengan klasifikasi rumah sakit tipe B. ''Dengan menjadi RS Pendidikan keuntungannya bisa melakukan tiga tiga pilar yakni pelayanan, pendidikan dan penelitian,''kata dia.

Karena itu dalam setahun ini RS PKU Muhammadiyah II Yogyakarta terus berusaha untuk meningkatkan kualitas yang lebih baik. Yang menjadi kendala, kata dia, sumber daya manusia yang memenuhi kualifikasi sub spesialis. Kalau dari segi peralatan sudah lengkap, tutur Faisol.

Saat ini di RS PKU Muhammadiyah II Yogyakarta baru mempunyai dua dokter sub spesiaslis orthopedi yang tetap. Padahal seharusnya untuk menjadikan rumah sakit pendidikan tipe B setidaknya harus mempunyai sub spesialis digestf dan sub ginjal. ''Namun kalau dalam regulasi hal itu bisa dipenuhi sambil jalan,''ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement