Ahad 23 Feb 2014 16:52 WIB

Jeli Memilih Ciput

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Indira Rezkisari
Salah memilih ciput membuat tampilan hijab jadi kurang maksimal.
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Salah memilih ciput membuat tampilan hijab jadi kurang maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, Kerudung yang gaya tak kalah pentingnya dengan memilih baju, sepatu, atau tas yang chic. Kadang, bermodalkan kerudung yang ditata cantik saja penampilan keseluruh an bisa kelihatan istimewa.

Mila Meiliasari membagi panduan berhijab dengan modal pashmina dan kerudung segi empat. Perempuan yang telah menerbitkan buku berjudul Gaya Praktis Pashmina & Kerudung Segi Empat itu merasa gaya berhijab bisa di tingkatkan selama ilmunya dikuasai.

Barang yang tak kalah penting untuk bergaya, menurut Mila, adalah inner atau dalaman kerudung. Mila mengatakan, jelilah memilih ciput. “Salah pilih bisa membuat penampilan kurang maksimal,” pesannya.

Bagi pemilik wajah lonjong, ciput model apa pun bisa dikenakan. Tetapi, hindari pemakaian ciput topi karena akan membuat wajah terlihat semakin kecil.

Sebaliknya, pemilik wajah bulat bisa menggunakan ciput topi untuk membuat wajah terlihat kecil. Pantangan pemilik wajah bulat adalah ciput arab yang bisa membuat wajah terlihat lebar dan bulat.

Untuk sentuhan akhir penampilan, Mila sering menggunakan aksesori daur ulang. Jadi, tidak perlu membeli baru. Kadang, barang-barang lama, seperti anting, kancing, kalung, dan pita bisa disulap menjadi aksesori cantik. 

Buku terbitan Kawan Pustaka karya Mila memberi panduan langkah demi langkah menciptakan gaya hijab yang bisa dilakukan dalam waktu lima menit. Hijab kreasi Mila bisa dicontoh untuk gaya kasual. Mila menggunakan penutup kepala berjenis pashmina dan kerudung segi empat. Pashmina adalah sejenis selendang panjang yang umumnya berukuran kurang dari dua meter. Di pasaran, pashmina biasa ditemui dari berbagai jenis bahan, seperti kaos, sifon, wol, dan katun.

Kerudung segi empat adalah kerudung yang semua sisinya berukuran sama panjang. Umumnya kerudung ini berukuran 115 x 115 cm. Kerudung ini dibuat dari berbagai jenis bahan, seperti katun paris, katun, dan sifon. Pashmina maupun kerudung segi empat tersedia dalam berbagai jenis corak maupun polos.

Untuk gaya yang lebih santai, sebaiknya memilih pashmina dari bahan kain yang lembut dan agak panjang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement