Jumat 21 Feb 2014 20:03 WIB

Panwaslu Rekrut 4.460 Relawan

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Joko Sadewo
 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARATA -- Panita pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, merekrut 4.460 relawan. Para relawan ini akan membantu petugas penyuluh lapangan (PPL) saat pemilu legislatif (pileg) mendatang.

Ketua Panwaslu Purwakarta, Didin Syafrudin mengatakan, para petugas baru ini, akan membantu tugas dari PPL. Ibaratnya, mereka sebagai asisten dari PPL tersebut.

Saat ini, mereka sudah mulai dilibatkan untuk membantu tugas PPL. Tugas mereka, sampai waktu pungut hitung suara saat pelaksanaan Pileg 9 April 2014 mendatang. "Relawan ini membantu PPL sampai hari pemungutan suara," ujarnya, Jumat (21/2).

Didin mengaku, penambahan personel bantuan ini karena ada masukan dari Bawaslu RI. Selain itu, tujuannya untuk menciptakan pileg yang jujur, adil, lancar dan sukses.

Tak hanya itu, relawan ini sangat membantu PPL. Sebab, selama ini empat PPL harus mengawasi sedikitnya 29 TPS. Padahal, idealnya, seorang PPL hanya mengawasi satu TPS. Supaya, kinerja PPL ini benar-benar maksimal. "Tapi, kini PPL sudah dibantu sama ribuan relawan tersebut," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement