Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Lakukan Ini Agar Masakan Sehat Tidak Hambar

Kamis 20 Feb 2014 17:48 WIB

Red: Indira Rezkisari

Menambahkan banyak bumbu dan rempah membuat penggunaan penyedap masakan bisa dihindari.

Menambahkan banyak bumbu dan rempah membuat penggunaan penyedap masakan bisa dihindari.

Foto: theshiksa.com

REPUBLIKA.CO.ID, Masakan yang tergolong sehat kerap dianggap tidak menarik. “ Anyep,” kata Arimbi Nimpuno, praktisi kuliner sekaligus pengajar masak di Ranch Market Lifestyle Studio.

Padahal, masakan sehat tidak selalu harus dinikmati secara hambar. Arimbi berujar, penggunaan bahan-bahan alami yang kaya membantu meningkatkan cita rasa masakan.

“Untuk menambah rasa, gunakan bumbu dasar yang lebih banyak,” terang Arimbi. Semakin banyak bumbu segar, seperti bawang merah, bawang putih, serai, serta daun jeruk maka semakin minim pula penggunaan penyedap rasa dalam masakan.

Contohnya, menu ikan kukus ala Asia dengan jamur yang dibuat Arimbi. Sebagai penguat rasa, Arimbi menabur banyak bawang merah, putih, dan bombay ke dalam perut ikan kakap yang sudah dibersihkan. Ia lalu menambahkan jahe iris, rajangan serai, dan daun ketumbar. Aneka jamur, seperti jenis shimeji, tiram, kancing, dan enoki kemudian dimasukkan pula ke perut ikan.

Sebelum memasaknya di oven yang sudah dipanaskan dalam suhu 170 derajat celcius, Arimbi membumbuinya dengan garam, lada, minyak wijen, cuka beras, dan kecap asin. “Tambahkan juga kecap ikan Thailand jika suka,” katanya.

Selama proses pemasakan dalam oven, ikan ditutup dengan kertas aluminium atau daun pisang. Masak selama 30 menit atau lebih bergantung ukuran ikan.

Menikmati hidangan penutup juga tak harus penuh krim dan manis. Dalam sebuah demo masak, Putri Miranti dari Ranch Market Life style Studio menunjukkan cara membuat butter crumble sebagai taburan yogurt dan buah.

Cukup campur tepung terigu, gula, bu buk kayu manis, dan mentega. Aduk dengan tangan atau mixer hingga menyatu. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celcius sampai kecokelatan. “Atau sampai dapur berbau wangi,” pesan Putri. Setelah jadi, tuang crumble ke atas yogurt yang diberi sedikit madu dan buah-buahan. Mudah dan sehat, ya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA