Rabu 19 Feb 2014 14:41 WIB

Ini Dia Trik Merawat Kuku

Perubahan pada kuku kerap memerlukan perhatian tersendiri.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Perubahan pada kuku kerap memerlukan perhatian tersendiri.

REPUBLIKA.CO.ID,  Masih banyak yang tidak tahu cara merawat kuku yang baik. Sebelum mulai merawat kuku, perhatikan baik-baik kuku. Apakah tampak sehat dan kuat, atau justru terlihat perubahan warna yang tak lazim? Warna kuku bisa jadi indikasi diperlukannya perhatian serius, lho.

 

Kuku terdiri dari lapisan protein bernama keratin. Ketika sel kuku baru tumbuh, sel lama menjadi keras dan kemudian mendesak keluar ke ujung jari.

Kuku yang sehat memiliki permukaan yang mulus. Warnanya seragam pula. Jika menemukan perubahan warna kuku, atau ada warna gelap di bawah kuku, mungkin saatnya untuk menemui dokter kulit dan berkonsultasi.

Hal yang sama berlaku jika menemukan perubahan bentuk kuku, penebalan atau penipisan kuku, pemisahan kuku dari kulit di sekelilingnya, perdarahan sekitar kuku, bahkan kemerahan atau pembengkakan di sekitar kuku.

Untuk menjaga kuku selalu sehat dan tampil baik, perhatikan  panduan berikut. Selalu jaga kuku kering dan bersih. Kuku yang bersih akan terlindung dari bakteri, jamur, dan organisme lain tumbuh di bawah jari. Kenakan sarung tangan ketika mencuci, membersihkan atau menggunakan bahan kimia keras, termasuk hindari berendam terlalu lama kala mandi.

Potong kuku secara berkala. Gunakan gunting kuku yang tajam. Waktu paling mudah memotong dan membersihkan kuku adalah saat kuku terasa lembek, seperti waktu habis mandi.

Jangan lupa menggunakan pelembab kuku dan jari. Ketika menggunakan losion pelembab tangan, kenakan pula losion di kuku dan kutikula.

Jangan menggigit kuku. Kebiasaan ini akan merusak dasar kuku. Luka kecil di sepanjang kuku bahkan bisa menyebabkan bakteri atau jamur masuk. Hingga menyebabkan infeksi.

 

sumber : mayo clinic
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement