Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Duh, Boko Haram Diklaim Lebih Kuat dari Militer Pemerintah Nigeria

Selasa 18 Feb 2014 06:02 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan

Kelompok bersenjata Boko Haram Nigeria

Kelompok bersenjata Boko Haram Nigeria

Foto: PressTv

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA-- Kelompok bersenjata Boko Haram mempunyai perlengkapakan yang lebih baik dari pasukan militer Nigeria yang tengah memberantas keberadaan kelompok tersebut. Pernyataan tersebut disampaikan oleh gubernur dari wilayah yang terkena dampak terburuk serangan Boko Haram, dimana lebih dari 100 orang tewas.

"Boko Haram memiliki senjata dan motivasi yang yang lebih baik dari pada pasukan kami," kata Kashim Shettima setelah bertemu dengan Presiden Goodluck Jonathan, seperti dilansir dari Aljazeera.

"Melihat keadaan sekarang, tidak mungkin bagi kami untuk mengalahkan Boko haram," tambah Shettima.

Jonathan telah menerjunkan pasukan tambahan ke timur laut Nigeria pada May lalu untuk memerangi kelompok yang ingin membentuk negara Muslim. Menurut Shettima, jumlah korban yang tewas dalam pertempuran di desa Izge dekat perbatasan Kamerun itu sebanyak 106 orang.
Kelompok Boko Haram menembakkan pelurunya ke rumah-rumah penduduk serta meledakan bom dan membakar ratusan rumah dalam serangan itu. "Boko haram masih mampu menjalankan kelompoknya dan membunuh warga yang tak berdosa, meskipun ada aparat militer," kata Shettima.

Pernyataannya pun dibantah oleh Juru bicara militer Brigadir Jenderal Chris Olukolade. "Pernyataan itu tidak benar. Ya mereka membawa senjata ilegal, tapi tidak lebih baik dari senjata yang dimiliki pasukan Nigeria," katanya. Meskipun begitu, ia mengatakan pasukannya perlu untuk menjadi lebih baik lagi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA