Senin 17 Feb 2014 20:04 WIB

Calon Mahasiswa Meningkat, Universitas Trisakti Naikkan Kualitas

Rep: Qommaria Rostanti/ Red: Maman Sudiaman
Kampus Universitas Trisakti di Jakarta.
Foto: hendiqu.blogspot.com
Kampus Universitas Trisakti di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Trisakti akan meningkatkan kualitas mahasiswa baru pada Penerimaan Mahasiswa Baru 2014. Hal ini menyusul meningkatnya minat calon mahasiswa baru yang mendaftarkan diri ke Universitas Trisakti.

Peningkatan kualitas juga dimaksudkan demi menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing dalam era global. "Kualitas mahasiswa yang masuk ke Universitas Trisakti terus kami tingkatkan melalui peningkatan standard penerimaan mahasiswa baru," ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Trisakti, Yuzwar Z.Basri dalam siaran persnya, Senin (17/2).

Peningkatan kualitas mahasiswa baru tersebut diharapkan sejalan dengan visi Universitas Trisakti untuk menjadi universitas yang andal dan bermutu internasional. Yuzwar mengatakan fasilitas pendukung belajar mengajar seperti sarana prasarana dan tenaga pengajar terus ditingkatkan. Sebagai contoh yang terjadi pada Fakultas Teknik. Semua laboratorium sudah diperbaharui dengan memakan biaya hingga Rp 20 miliar, begitupun dengan sarana prasarana lainnya di Universitas Trisakti.

Selain melalui peningkatan fasilitas, tenaga-tenaga pengajar Universitas Trisakti juga berupaya memberikan kemampuan terbaiknya. "Ini kami lakukan dengan memperhatikan kesejahteraan mereka dan meningkatkan kualitas tenaga pengajar dengan menyekolahkan mereka ke jenjang yang lebih tinggi," kata Yuzwar.

Jumlah calon mahasiswa baru yang mengikuti ujian periode Februari 2014 di Universitas Trisakti mencapai 1.083 calon mahasiswa. Wakil Rektor IV Universitas Trisakti, Asri Nugrahanti mengatakan untuk 2014 ini, Universitas Trisakti sudak memiliki market-nya sendiri. Hal ini dapat dilihat dari tahun-tahun sebelumnya dimana jumlah pendaftar maupun mahasiswa yang diterima selalu memenuhi target yang diharapkan. "Sehingga kita tidak lagi mengejar kuantitas, namun kualitas dari para mahasiswa baru yang akan diterima," ucapnya.

Menurut Asri, peningkatan kualitas ini dilakukan oleh pihak Universitas Trisakti dengan cukup ketat. Para calon mahasiswa pun harus melewati tes narkoba. Selain mengadakan ujian penerimaan di tempat, Universitas Trisakti juga melakukan ujian penerimaan mahasiswa baru di daerah-daerah. Hal ini dilakukan untuk mempermudah calon-calon mahasiswa yang berasal dari daerah agar tidak perlu datang jauh-jauh ke Jakarta. "Kemarin kami sudah melakukan ujian di enam kota dan telah diterima sekitar 150 mahasiswa baru. Setelah ini akan dilakukan ujian di enam kota lagi," ujar Asri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement