Jumat 14 Feb 2014 11:09 WIB

Lima Prodi Universitas Andalas Buka Kelas Bahasa Inggris

Universitas Andalas
Universitas Andalas

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Lima Program Studi (Prodi) di Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat  membuka Kelas Berbahasa Inggris mulai 2014.

"Lima prodi antara lain Keperawatan, Biologi, Kimia, dan Farmasi, serta Teknik Industri akan membagi kelas menjadi kelas bahasa Inggris dan reguler pada tahun ini," kata Wakil Rektor I Unand, Febrin Anas Ismail di Padang, Jumat (14/2).

Ia menjelaskan dalam kelas bahasa Inggris ini, mahasiswa melakukan kuliah dengan pengantar berbahasa Inggris, termasuk ujian akhir semester dan penulisan skripsi. Namun demikian, untuk tahap awal kemungkinan tidak semua mata kuliah yang menggunakan pengantar bahasa Inggris.

Semuanya bergantung pada ketersediaan staf pengajar yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris pada masing-masing prodi tersebut.Lebih lanjut, katanya untuk masuk ke dalam kelas berbahasa Inggris ini membutuhkan persyaratan nilai Tes Toefl minimal 450 dan telah dinyatakan lulus sebagai mahasiswa Unand.

Setelah lulus dalam kelas berbahasa Inggris ini akan ada tes lanjutan untuk memastikan pantas atau tidak mahasiswa ini masuk. Kemudian untuk pengelolaan kelas bahasa Inggris ini lebih banyak akan diserahkan kepada prodi masing-masing.

Ke depan tidak hanya lima prodi ini saja yang akan membuka kelas bahasa Inggris, namun juga keseluruhan fakultas dan jurusan di Unand, katanya.  Sementara itu Wakil Rektor IV Unand Helmi mengatakan tujuan pembukaan kelas berbahasa Inggris ini sebagai upaya untuk mewujudkan Unand sebagai salah satu perguruan tinggi kelas dunia.

Untuk menjadi Universitas kelas Dunia tentunya membutuhkan sumber daya yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi secara internasional. Terlebih lagi dengan masuknya era globalisasi, sumber daya manusia yang mampu berbahasa Inggris sangat dibutuhkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement