Rabu, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 Januari 2020

Rabu, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 Januari 2020

Pemain Baru Timnas U-19 Butuh Jam Terbang

Ahad 09 Feb 2014 16:13 WIB

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Yudha Manggala P Putra

Timnas U19

Timnas U19

Foto: Republika/ Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri memastikan bakal kembali memberikan kesempatan kepada para pemain baru untuk tampil pada uji coba melawan tim Pra-PON Jawa Tengah di Stadion Manahan, Solo, Senin (10/2) malam. Indra mengaku melakukan hal itu untuk membangun mental para pemain baru yang dirasanya masih kurang terasah. 

"Pemain baru butuh jam terbang supaya nggak demam panggung. Laga uji coba akan saya maksimalkan supaya kualitas semua pemain merata," ujarnya kepada Republika, Ahad (9/2).

Menurut Indra persoalan yang kini dihadapi para pemain baru timnas U-19 adalah mental bertanding. Hal itu berdasarkan hasil evaluasi pascapertandingan melawan tim Pra-PON DIY, Jumat (7/2) kemarin. Timnas U-19 harus bekerja keras meraih kemenangan, setelah sebelumnya sempat tertinggal dua gol.

Padahal tim yang diturunkan dalam pertandingan itu sudah beberapa kali dijajal dalam uji coba internal melawan tim yang dihuni para pemain lama. Hasilnya, ungkap Indra, tim yang mayoritas diisi pemain baru itu malah sering mengalahkan tim pemain lama. "Tapi ketika melawan tim lain, permainan mereka menurun karena demam panggung. Ini faktor mental," kata dia.

Karena itu Indra mengaku tetap menurunkan sejumlah pemain baru dalam pertandingan yang menjadi bagian dari Tur Nusantara Timnas U-19 tersebut. Hanya saja, komposisi pemainnya sedikit berbeda. Kali ini ia akan menggabungkan mereka dengan sebagian besar para pemain lama. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA