Rabu 05 Feb 2014 14:54 WIB

Legislator Jambi Dukung Beasiswa Untuk Dokter Spesialis

Bea Siswa
Foto: USB
Bea Siswa

REPUBLIKA.CO.ID,JAMBI--Ketua Komisi D DPRD Kota Jambi Jefri Bintara Pardede, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya mendukung jika Pemerintah Kota Jambi berencana menganggarkan beasiswa bagi para dokter yang akan menempuh pendidikan spesialis.

"Kami dukung jika pemkot mengajukan aggaran untuk beasiswa sekolah bagi para dokter menempuh pendidikan spesialis," katanya terkait minimnya dokter spesialis yang menjadi persoalan bagi pemerintah setempat memberikan pelayanan kesehatan bagi warga setempat.

Namun, menurut dia, mengenai anggaran itu akan dibahas lanjut di tingkat dewan, apakah keuangan daerah mampu memberikan biaya untuk sekolah para dokter tersebut.

"Menurut Kepala Dinas Kesehatan, biaya sekolah untuk dokter spesialis cukup mahal, satu orang bisa mencapai Rp500 juta, dan itu perlu kita perhitungkan," katanya.

Jefri mengatakan keberadaan dokter spesialis di kota tersebut sangat penting guna mendukung program kesehatan nasional. "Bayangkan, jika jumlah dokter, termasuk spesialis tidak mencukupi, sementara kita gembar-gembor soal jaminan kesehatan bagi warga," ujarnya.

Politisi Golkar ini mengatakan bahwa yang tidak kalah penting dalam program beasiswa ini adalah komitmen para dokter yang telah disekolahkan nantinya.

"Jangan sampai setelah disekolahkan, mereka (para dokter) justru pergi dari Kota Jambi dan bekerja di tempat lain. Jadi perlu dibuatkan MoU antara para dokter itu dengan pemerintah kota," sebut dia.

Selain pemberian beasiswa kepada para dokter, lanjut Jefri, persoalan penting dalam pelayanan kesehatan bagi warga di kota tersbeut adalah penambahan jumlah puskesmas.

Menurut dia, selama ini puskesmas yang ada di kota tersebut hanya berjumlah 20 unit.

"Artinya harus ada penambahan jumlah puskemas sebanyak 42 unit, dengan asumsi satu kelurahan satu puskesmas," kata dia.

Jefri mengatakan, dengan adanya satu puskesmas di masing-masing kelurahan, maka efisiensi dalam melakukan perobatan lebih dapat dicapai.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement