Rabu 05 Feb 2014 14:03 WIB

Ini Cara Tepat Memulai Diet

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Lakukan diet sehat dengan makanan seimbang dan olahraga
Foto: metro-medispa.com
Lakukan diet sehat dengan makanan seimbang dan olahraga

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika keinginan untuk mendapatkan berat badan ideal semakin membesar, tiap individu mesti menjalankan diet dan olahraga secara teratur. Bagaimana cara memulainya dengan benar? Berikut panduannya: 

Hitung indeks massa tubuh 

Agar program penurunan berat badan menjadi lebih terukur, ketahui terlebih dulu indeks massa tubuh Anda. Setelah itu, perhatikan asupan makan an. “Prinsipnya, kurangi jumlah kalori yang masuk dan perbanyak aktivitas tubuh,” jelas dr Sonia Wibisono. 

 

Rasakan manfaatnya 

Ketika keinginan untuk mendapatkankan berat badan ideal semakin tak terbendung, kuatkan tekad untuk berolahraga. Komitmen akan muncul saat Anda memahami dan merasakan langsung manfaat berolahraga. Untuk tahap awal, berolahragalah dua kali seminggu. Seiring waktu, irama tubuh akan terpola. “Tubuh pun akan merasakan olahraga sebagai kebutuhan,” kata Nelly Nufidawati, fitness instructorFitness First. 

 

Latihan terprogram 

Kunci sukses penurunan bobot sekitar 70 persen ada pada pengaturan makanan dan 30 persen lainnya ditentukan oleh latihan. Pembakaran harus seimbang dengan kalori yang didapatkan tubuh. Latihan di treadmillselama 30 menit saja tidak cukup. Itu sama saja dengan pemanasan. Andaikan napas sudah ngosngosan di saat pemanasan, istirahatlah sebentar saja. Jaga jangan sampai detak jantung telanjur turun. Setelah jeda sejenak, lanjutkan ke latihan inti dan relaksasi. “Mengingat tenaganya masih kurang, mereka yang baru memulai fitnesscukup berlatih satu jam saja untuk tahap awal,” imbuh Nelly. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement