Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Mengapa Wajah Mulai Berkerut?

Selasa 04 Feb 2014 12:04 WIB

Red: Endah Hapsari

Tetap cantik di usia matang/ilustrasi

Tetap cantik di usia matang/ilustrasi

Foto: jamestoldme.com

REPUBLIKA.CO.ID, Meski usia sudah memasuki fase matang, wanita di atas tiga puluhan bahkan di atas empat puluhan pun bisa menyulap dirinya sehingga terlihat lebih muda. Kuncinya adalah perawatan yang telaten. Bahkan, tidak perlu menunggu hingga usia Anda berkepala tiga atau empat. Rawatlah kulit wajah sedini mungkin.

Sesuaikan fungsi dan komposisi produk dengan apa yang saat ini tengah menjadi kebutuhan kulit Anda. Pastikan juga rangkaian produk yang dipilih cocok dengan kulit Anda. Seperti diketahui, terdapat beberapa jenis kulit. Seperti, kulit berminyak, kulit kering, dan kulit normal. Bahkan, ada juga kulit wajah yang memiliki kecenderungan dari beberapa jenis kulit di daerah-daerah tertentu. Jenis kulit ini biasa disebut dengan kulit kombinasi. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, harus lebih berhati-hati dalam menentukan produk perawatan yang hendak digunakan.

Perhatikan kandungan atau komposisi yang ada dalam produk tersebut. Kerutan di wajah, selain karena usia, ada juga beberapa faktor lain yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah sengatan sinar  matahari, polusi,dan rokok. Untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, bisa menggunakan  lotion atau pelembab dengan kandungan sunscreen atau  SPF 15 setiap hari.  

Tetapi, meski sunscreen memberikan perlindungan terhadap UV damage atau kerusakan pada kulit yang disebabkan sengatan sinar matahari, beberapa faktor lainnya seperti faktor lingkungan hingga proses penuaan alami, adalah penyebab utama kerutan dan garis-garis ekspresi wajah. Untuk itu, gunakanlah pelembab dan perawatan yang mengandung bahan-bahan yang dapat merangsang produksi kolagen dan mencegah kerusakan sel-sel kulit.

Produk perawatan kulit yang diperkaya dengan kandungan anti oksidan sangat dibutuhkan untuk mencegah penurunan sel-sel kulit. Cara bekerjanya yaitu  dengan menetralisir radikal bebas yang secara alami sudah terdapat dalam tubuh. Faktor-faktor penyebab meningkatnya radikal bebas diantaranya adalah polusi dan rokok.

Untuk itu, dianjurkan untuk memilih ragam produk yang mengandung vitamin C dan ektrak tumbuhan. Seperti, rumput laut, tumbuhan laut, dan teh hijau. Karena, semuanya kaya akan anti oksidan. Namun, bila penasaran untuk mengetahui informasi lebih dalam mengenai proses penuaan dan seluk beluknya, segera saja berkonsultasi dengan dokter ahli. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA