Senin 03 Feb 2014 09:03 WIB

3 Jurus Gampang Hilangkan Jerawat

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Wajah mulus bebas jerawat
Foto: hudabeauty.com
Wajah mulus bebas jerawat

REPUBLIKA.CO.ID, Tiga langkah mudah berikut dapat Anda coba untuk menghilangkan jerawat  'penghias' wajah. 

1. Bersih-Bersih

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan ialah menjaga kulit wajah tetap  bersih. Caranya cukup sederhana. Bersihkan wajah secara lembut dengan  menggunakan pembersih wajah yang bebas minyak dan bebas pewangi. Sebaiknya  gunakan pembersih wajah nondeterjen dan memiliki pH seimbang. 

Jika seluruh wajah Anda berminyak, gunakan pembersih yang mengandung  benzoil peroxide atau salicylic acid. Hindari scrub  untuk sementara. Butiran scrub dapat mengiritasi kulit dan membuat  pori-pori semakin terbuka lebar. Lalu, lupakan toner, kecuali jika  kulit Anda memang sangat berminyak. Jika tidak, toner bisa membuat  kulit Anda tambah kering. 

 

2. Perawatan

Oleskan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide, glycolic  acid, atau salicylic acid di seluruh wajah, bukan cuma di bagian  yang berjerawat saja. Di malam hari, lanjutkan dengan pemakaian produk  drying spot-treatment dan pelembab bebas minyak di bagian wajah yang  kering. Paginya, oleskan tabir surya bebas minyak di seluruh wajah. 

 

3. Samarkan

Agar tidak mengganggu penampilan, Anda bisa menyamarkan jerawat. Gunakan  bulu sikat kosmetik (brush) ukuran kecil untuk mengoleskan concealer  atau krim alas bedak. Ingat, pilih yang warnanya senada dengan warna kulit  Anda. Oleskan di bagian yang berjerawat. Hapus sisa concealer atau  alas bedak di sekitar jerawat dengan ujung jari. Jika perlu oleskan  coat of concealer. Setelah itu, Anda bisa menggunakan bedak seperti  biasa. Agar bedak tidak terlihat menumpuk atau lebih tebal di bagian wajah  yang berjerawat, ratakan dengan brush. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement