Selasa 28 Jan 2014 15:03 WIB

3 Tips Jalin Hubungan Baik di Tempat Kerja

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Bergosip/ilustrasi
Foto: nydailynews.com
Bergosip/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak kejadian di tempat kerja yang terkadang membuat karyawan menjadi gusar, kecewa, atau marah. Di lain sisi, perasaan itu kerap kali lebih baik disimpan sendiri. Hal apa saja yang tak perlu diketahui rekan kerja? 

* Penugasan 

Keberatan dengan penugasan yang diberikan atasan? Itu bukan alasan untuk tidak mengerjakannya. Beberapa tugas mungkin tampak tak masuk akal bagi karyawan secara langsung, tapi penting untuk kelangsungan organi sasi. “Kalau mau mendebat, lakukan dengan bijaksana. Pastikan Anda punya cukup amunisi untuk berargumen dan siap menanggung konsekuensinya,” kata career coach Emily Bennington. 

 

* Dilarang menyikut 

Cobalah untuk tak terlalu blak-blakan. Nyatakan saja poinnya tanpa perlu mengeluarkan perkataan yang akan membuat orang lain merasa tersikut. “Ini namanya serangan pasif agresif,” jelas Bennington seperti dikutip dari majalah Self. 

 

* Batasi curcol 

Tak baik menjelek-jelekkan rekan kerja. Linsey Pollak, penulis Gettiing from College to Career: Your Essential Guide to Succeeding in the Real World, mengingatkan, “Jangan katakan apa pun yang tak ingin Anda cetak di halaman terdepan (surat kabar).” Prinsip itu berlaku juga sebagai etika pengiriman surel dan postingan di sosial media. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement