Senin 27 Jan 2014 08:36 WIB
Politik Prancis

Francois Hollande dan Ibu Negara Pun Berpisah

Presiden Prancis, Francois Hollande, dan pasangannya, Valerie Trierweiler.
Foto: yahoo.com
Presiden Prancis, Francois Hollande, dan pasangannya, Valerie Trierweiler.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Dessy Suciati Saputri

Polemik seputar kelanjutan hubungan Presiden Prancis Francois Hollande dan pasangannya yang berperan sebagai ibu negara, Valerie Trierweiler, terjawab sudah. Setelah hidup bersama tanpa menikah selama tujuh tahun, pasangan ini resmi berpisah.

Pengumuman perpisahan itu disampaikan langsung oleh Hollande kepada kantor berita Prancis, //AFP//. “Saya ingin semua mengetahui bahwa saya telah mengakhiri hubungan dengan pasangan saya, Valerie Trierweiler,” kata presiden berusia 59 tahun ini. Ia pun menekankan bahwa pernyataan itu dilakukan dalam kapasitasnya sebagai pribadi, bukan sebagai kepala negara.

Bagi warga Prancis, pengumuman tersebut tidaklah terlalu mengejutkan. Sebab, sebelumnya sang presiden dikabarkan menjalin hubungan gelap alias berselingkuh dengan aktris Julie Gayet. Kabar perselingkuhan ini menyeruak menyusul laporan majalan terbitan Prancis, Closer. Meski sempat mengancam untuk menggugat majalah itu karena telah melanggar privasi, Hollande tak pernah membantah hubungannya dengan sang aktris.

Ketika kabar perselingkuhan merebak, Trierweiler shock berat dan sempat dirawat di rumah sakit. Setelah pulih dan keluar dari rumah sakit, ia kembali harus menghadapi kenyataan pahit. Hollande “menceraikannya”.

Wanita berusia 48 tahun itu pun berusaha menerima kenyataan. Melalui akun Twitter-nya, ia mengucapkan terima kasih kepada para staf kepresidenan di Istana Elysee. “Saya tidak akan pernah melupakan pengabdian mereka,” kata Trierweiler, yang menurut sebuah media online telah meninggalkan Istana Elysee ke sebuah apartemen di Paris.

Terkait hal tersebut, Hollande berjanji menggelar konferensi pers pada awal bulan depan sebelum kunjungan kenegaraannya ke Amerika Serikat pada 11 Februari.

Sebelum menjadi ibu negara, Trierweiler dikenal sebagai jurnalis di majalah Paris-Match. Tujuh tahun silam, demi hidup bersama wanita ini, Hollande rela meninggalkan pasangan sebelumnya, Segolene Royal, seorang politikus senior di Partai Sosialis, yang telah memberinya empat orang anak. n ed: wachidah handasah

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement