Senin 27 Jan 2014 06:27 WIB
Piala FA Inggris

Reaksi Tepat The Citizens

Sergio Aguero
Foto: sportinglife.aol.co.uk
Sergio Aguero

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kebobolan dua gol dalam jangka waktu sembilan menit, Manchester City nyaris dipermalukan tim asal Divisi Championship, Watford, pada babak keempat Piala FA, Sabtu (25/1) malam WIB. Beruntung, the Citizens masih memiliki Sergio Aguero.

Penyerang asal Argentina itu sukses menyelamatkan timnya dari kekalahan pertama mereka di Stadion Etihad pada musim ini. Aguero mampu mencetak hattrick dalam laga tersebut. Gol pertama Aguero dicetak pada menit ke-60. Ia kemudian mampu mengantarkan City menyamakan kedudukan pada menit ke-79.

Bek asal Serbia, Aleksandar Kolarov, akhirnya mampu mengantarkan City mencatatkan keunggulan pada menit ke-87. Tendangan Kolarov itu gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper Watford, Jonathan Bond. Akhirnya, Aguero kembali mencatatkan namanya di papan skor pada pengujung babak kedua. Gol ke-25 Aguero ini pun melengkapi kemenangan timnya dan menghindarkan the Citizens dari kekalahan memalukan.

Kemenangan ini juga mengantarkan City melangkah ke babak kelima Piala FA. Maklum, pada setengah jam pertama laga, gawang City, yang dikawal Costel Pantilimon, harus rela kebobolan dua gol. Fernando Forestieri dan Troy Deeney mampu memanfaatkan kelengahan lini belakang City, tepatnya pada menit ke-21 dan menit ke-30. Kondisi ini jelas membuat pelatih City, Manuel Pellegrini, berang. “Jika diizinkan, sebenarnya saya ingin mengganti 11 pemain City pada jeda pergantian babak,” ujar Pellegrini menegaskan, dikutip Daily Mail, Ahad (26/1).

Akhirnya, pada sepanjang babak kedua, Pellegrini mengganti Jack Rodwell dengan Vincent Kompany dan Micah Richards dengan Pablo Zabaleta. Pun, dengan Stevan Jovetic yang masuk menggantikan Marcos Lopes. “Saya sempat mengatakan, kekuatan utama tim yang berasal dari divisi lebih rendah adalah motivasi. Para pemain kami justru joging di 45 menit pertama,” tutur pelatih asal Cile itu.

Pelatih Watford, Giuseppe Sannino, menyesalkan kegagalan timnya untuk mempertahankan keunggulan. Kendati begitu, pelatih asal Italia itu tetap mengakui perbedaan kualitas antara timnya dan juara Liga Primer Inggris musim 2011/2012 tersebut.

Sannino bahkan menyebut, City memiliki kualitas yang mumpuni untuk bisa tampil apik dalam empat kompetisi yang saat ini tengah mereka lakoni. “Di babak kedua, City tampil begitu luar biasa. Kualitas yang mereka miliki jauh lebih superior dengan perubahan taktik apa pun yang saya lakukan,” tutur Sannino seperti dikutip BBC. n reja irfa widodo ed: andri saubani

Fakta Angka

4 - Watford hanya mampu mencetak empat gol dalam 10 laga Piala FA terakhir mereka melawan tim dari Liga Primer sebelum laga melawan City.

4 - Manchester City pada musim ini hanya empat kali kebobolan lebih dulu dalam laga yang digelar di Stadion Etihad.

7 - Sergio Aguero mencetak gol dalam tujuh penampilan terakhir secara berturut-turut.

10 - Watford kalah dalam enam laga Piala FA terakhir melawan tim dari divisi lebih tinggi dan tidak pernah menang dalam 10 laga terakhir (2 kali seri dan 8 kalah).

Sumber: Opta Sports

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement