Ahad 26 Jan 2014 20:26 WIB

DPD RI Dukung Pembangunan Panti Rehab Narkoba di Seluruh Daerah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Julkifli Marbun
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman mendukung pembangunan panti rehabilitasi narkoba di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan komitmen DPD untuk menekan penyalahgunaan narkoba.

''DPD mendukung penuh pembangunan panti-panti rehabilitasi narkoba di seluruh daerah,'' ujar Irman dalam pers rilisnya kepada Republika, Ahad (26/1). Dukungan ini disampaikan pula dalam sambutan pada acara pencanangan 2014 Tahun Penyelamatan Pengguna Narkoba yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Mabes Polri, Ahad (26/1) di Lapangan Mabes Polri, Jakarta.

Irman mengatakan, DPD RI akan berkoordinasi dengan para gubernur dan BNN untuk membangun panti rehab narkoba di seluruh daerah. Sehingga rencana tersebut bisa segera diwujudkan.

Menurut Irman, kondisi Indonesia saat ini bukan lagi sebagai negara transit, tapi sudah menjadi  negara tujuan narkoba. Sehingga penangannya harus melibatkan semua pihak.

''Jadi bukan tugas BNN semata, tapi seluruh elemen masyarakat'' kata Irman, yang juga menjadi peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat. Terlebih, banyak pengguna narkoba masih dalam kategori usia produktif

DPD RI,  lanjut Irman  sepakat dengan BNN kalau korban tidak bisa dianggap sebagai kejahatan semata, tapi korban dengan berbagai sebab tertentu. Oleh karena itu penanganannya bukan hukuman penjara, tapi penyelamatan preventif jauh lebih penting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement