Ahad 26 Jan 2014 09:00 WIB

Pencegahan Pelanggaran Pemilu Menjadi Prioritas

Bendera Parpol Peserta Pemilu 2014
Foto: Adhi Wicaksono/ Republika
Bendera Parpol Peserta Pemilu 2014

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih memprioritaskan upaya pencegahan daripada penindakan terhadap pelanggar aturan dalam Pemilihan Umum 2014.

"Keberhasilan Panwaslu dalam mengawasi pelaksanaan pemilu tidak diukur dari banyaknya pelanggaran yang ditindak," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Sleman Sutoto Jatmiko, Ahad (27/1).

Menurut dia, keberhasilan pengawasan ini lebih pada seberapa banyaknya potensi pelanggaran yang dapat dicegah.

"Kami terus melakukan sosialisasi pengawasan pelaksanaan Pemilu 2014 untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Sosialisasi ini kami lakukan di tengah masyarakat dengan berbagai kalangan," katanya.

Kegiatan sosialisasi pengawasan itu, kata dia, diselenggarakan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat guna bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pemilu 2014.

"Dengan mengajak masyarakat bersama-sama mengawal pelaksanaan pemilu, diharapkan pesta demokrasi pada tahun 2014 dapat berjalan dengan lebih baik," katanya.

Sutoto mengatakan, dalam pengawasan, Panwaslu lebih mengedepankan aspek pencegahan sebelum pelanggaran terjadi.

"Dengan melibatkan masyarakat sebagai pengawas pemilu diharapkan mampu mencegah adanya potensi pelanggaran yang akan dilakukan partai politik saat berkampanye.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement