Sabtu 25 Jan 2014 20:49 WIB

Tahun Ini Pemkab Bekasi Terapkan PPBD Online

Penerimaan siswa baru (ilustrasi)
Foto: Antara
Penerimaan siswa baru (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI--Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan memulai sistem penerimaan peserta didik baru secara online pada angkatan 2014/2015.

"Sistem ini akan kita terapkan untuk pertama kalinya pada jenjang pendidikan SMA/SMK," kata Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Asep Saefuloh di Cikarang, Sabtu.

Menurut dia, rencana penerapan sistem PPDB Online itu telah melalui kajian dengan studi banding ke Kota Ciamis dan Kota Bekasi yang lebih dahulu menerapkan sistem tersebut.

"Kini sedang disusun regulasi petunjuk teknis dan sosialisasi ke sekolah," katanya.

Regulasi seputar aturan baru itu, kata dia, akan dipersiapkan secara matang karena pihak sekolah harus memahami teknis pendaftaran secara baik dan benar.

"Sekolah harus mengerti teknis pendaftaran peserta PPDB secara online. Untuk itu, harus dibangun sistemnya terlebih dahulu," katanya.

Menurut dia, penerapan sistem PPDB Online bertujuan agar penerimaan siswa menjadi lebih transparan. "Siswa bebas memilih sekolah yang dikendakinya sesuai dengan kemampuan masing-masing," katanya.

Menurut dia, PPDB secara online lebih mudah bila dibandingkan dengan sistem penerimaan sebelumnya. Kendati demikian, dalam membangun kultur baru seperti ini, perlu sosialisasi terhadap orang tua murid dan sekolah.

"Yang terpenting saat ini ada semangat dan kesepahaman di antara pemangku kebijakan dan masyarakat untuk menjalani program ini," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement