Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Tenda Pengungsi Banjir Tak Punya Fasilitas MCK

Selasa 21 Jan 2014 20:49 WIB

Rep: C57/ Red: Dewi Mardiani

Banjir

Banjir

Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengungsi korban banjir di tenda-tenda sepanjang jalan Jatinegara Barat harus berjalan ke musholla Pasar Lama jika ingin menggunakan fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK). Pasalnya tenda-tenda pengungsian itu tidak memiliki fasilitas MCK. Ada sebagian mereka yang menggunakan air banjir untuk keperluan tersebut.

Meskipun jaraknya tidak begitu jauh, namun pengungsi harus bolak-balik tenda musholla untuk keperluan MCK. Salah seorang pengungsi di tenda, Atika, warga RT 001, RW 03, Kampung Pulo, mengaku harus bolak-balik ke musholla di Pasar Lama, dekat Proyek Jatinegara, jika ingin menggunakan fasilitas MCK

"Saya dan keluarga seluruhnya ada delapan orang. Ela (27 tahun) dan Juju (47) ini masih kerabat saya. Cucu saya ada dua yang ikut mengungsi, yaitu Ratu Fania (3 bulan) dan Farisa (3,5)," ujar Atika sambil memperkenalkan dua orang kerabat yang duduk di sampingnya itu, Selasa (21/1).

Menurutnya, Ratu Fania sedang dirawat di Rumah Sakit (RS) Budi Asih, Jakarta, karena sakit panas. Sedangkan Farisa sedang dibawa oleh kerabat lainnya ke rumah mereka untuk bermain.

Ratu Fania sakit panas sejak Jumat (17/1), sebelumnya sempat dirawat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim). Namun karena di Puskesmas Jatinegara obatnya tidak ada yang sesuai, maka bayi mungil itu dirawat di RS. Budi Asih.

Adapun biaya perawatannya Ratu Fania menggunakan Kartu Jakarta Sehat (KJS). Terkait bantuan yang masih kurang, Atika menyebutkan beberapa jenis, antara lain, makanan dan susu bayi, pakaian bayi dan anak-anak serta pampers bayi.

Menurut Atika, pengungsi yang buang air di permukaan banjir orangnya memang jorok. "Ada juga yang buang air di tempat banjir, ya, karena mereka memang jorok. Kalau kami tidak," kata Atika.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA